15 Cara Melakukan Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh

By | May 17, 2015

Cara Melakukan Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh – Manusia sering sekali mengalami perubahan hormon, apalagi yang masih berusia remaja, terutama sering terjadi di bagian rambut dan kulit. Selain itu banyak aktivitas diluar rumah juga mempengaruhi keadaan kulit, bahkan sering kali wajah jadi berjerawat.

Beberapa masalah lain yang sering muncul pada kulit selain jerawat yaitu komedo, kulit menjadi kusam, bekas luka, dan lain sebagainya. Perlu ada perawatan khusus untuk menjaga kulit agar tetap sehat sepanjang masa.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin mendapatkan kulit tetap bersinar, seperti dilansir Boldsky, Senin (16/03/2015).

Selalu Bersihkan kulit

Ini merupakan salah satu tips perawatan kulit yang paling penting untuk dilakukan. Terutama untuk menghilangkan Sekresi minyak, kotoran serta polusi yang menyumbat pori-pori Anda sepanjang hari, yang bisa menyebabkan jerawat. Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

wanita membersihkan wajah dengan toner

Foto via theglow.com.au

Gosoklah kulit

Selalu gunakan scrub sesuai dengan jenis kulit yang lembut untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati. Hasilnya kulit menjadi sehat kembali.

– Baca juga: Cara Mendapatkan Kulit Cantik dari Dalam

Pakailah toner

Setelah kulit dibersihkan dan melepaskan sel-sel kulit mati, langkah selanjutnya bisa memakai toner. Toner dapat memberikan perlindungan terhadap pori-pori kulit Anda yang terbuka.

Gunakan pelembap

Hal ini juga merupakan perawatan kulit yang paling penting untuk dilakukan. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, terutama untuk kulit yang kering, karena pelembap menjadi hal penting untuk mencegah timbulnya ruam dan gatal-gatal.

Hapus komedo

Scrub bukan hanya dapat membuang sel-sel kulit mati, namun juga termasuk produk yang efektif untuk menghilangkan komedo, terutama yang ada di bagian hidung dan bawah bibir. Caranya mudah, gosoklah dengan lembut menggunakan scrub khusus komedo setidaknya seminggu tiga kali.

– Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Jangan pakai terlalu banyak bedak

Kulit remaja gampang sekali terlihat mengilap, sehingga pemakaian bedak tabur terkadang diperlukan untuk sehari-hari. Namun ada beberapa ahli kecantikan mengatakan bahwa pemakaian bedak yang terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kulit remaja karena dapat menyumbat pori-pori serta membuat kulit tampak merah.

Jangan pernah lupa untuk menghapus make up

Anda pastinya memiliki banyak acara yang sering dihadiri, mulai dari pentas seni (pensi), pesta ulang tahun teman, prom night, dan sebagainya. Make up merupakan andalan untuk bisa tampil sempurna. Namun setelah itu, pastikan riasan di wajah Anda segera dibersihkan sebelum tidur, jangan sampai menimbulkan jerawat.

membersihkan wajah dari jerawat

membersihkan wajah dari jerawat (Foto: imgbuddy.com)

Jangan suka memencet jerawat atau komedo

Jerawat merupakan musuh bagi banyak orang, khususnya remaja. Tetapi dengan memencet jerawat, malah membuat kondisi kulit semakin parah karena akan menimbulkan bekas luka yang malah semakin merusak kulit karena bekasnya.

Gunakan tisu pembersih wajah

Dibandingkan memakai sapu tangan untuk mengelap wajah, sebaiknya gunakan tisu pembersih saat Anda merasa wajah kotor setelah beraktivitas. Dan bila Anda termasuk orang mudah berkeringat, pakailah tisu wajah untuk menghapusnya, dengan demikian kulit Anda akan tetap bersih dan terlihat segar.

Selalu gunakan sunscreen

Hal ini sering dianggap sepele, namun penggunaan tabir surya merupakan hal penting di saat Anda bepergian ke luar rumah, agar kulit Anda tidak terkena sinar matahari langsung yang bisa membakar kulit dan menimbulkan belang.

Gunakan pisau cukur bersih

Ini untuk laki-laki yang sering mencukur jenggot atau kumisnya. Ingatlah untuk selalu gunakan krim cukur yang bersih dan alat cukur kualitas baik. Disamping itu, segera bersihkan pisau cukur setelah habis pakai.

Perawatan kulit kepala

cara merawat rambut kering

Bukan hanya wajah, kulit kepala juga harus diperhatikan. Agar Anda terhindar dari ketombe, gatal-gatal, dan serangan bakteri yang dapat membuat kulit kepala berminyak, pilihlah sampo dengan kualitas yang sesuai jenis rambut dan jangan lupa kondisioner selagi keramas.

Makan sayuran hijau

sayuran

Sayuran via ggimgs.net

Melakukan perawatan dari luar saja tentu tidak cukup. Anda juga harus menjaga kekebalan yang kuat dari dalam tubuh, seperti banyak makan sayuran hijau yang dapat menyeimbangkan kebutuhan nutrisi.

– Baca juga4 Sayuran Paling Bermanfaat Untuk Tubuh

Minum air putih sebanyak mungkin

Jangan pernah lupa dan malas melakukan hal satu ini, agar kulit Anda terhindar dari segala jenis penyakit. Usahakan untuk minum 8-10 gelas air per hari untuk membersihkan racun dari tubuh, Anda pasti sudah sering mendengar anjuran ini.

Istirahat yang cukup

wanita cantik tidur

Tidur yang cukup agar tubuh sehat (Foto: keepingyouwell.com)

Sebagai seorang yang memiliki banyak aktivitas dan kesibukan, seperti belajar, olahraga, les, kumpul bareng teman, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, bekerja, atau arisan, Agar kulit tetap sehat, mulailah dengan selalu istirahat yang cukup agar tubuh mendapatkan energi saat melakukan berbagai aktivitas.

Sumber: Boldsky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *