Penelitian: Warna Langit Bisa Mempengaruhi Kesehatan Manusia

By | April 27, 2015

Menurut penelitian warna langit bisa pengaruhi kesehatan manusia – Warna dikatakan oleh para peneliti memiliki dampak besar pada ritme sirkadian, yaitu sistem jam yang mengatur fungsi tubuh. Para peneliti mengungkapkan bahwa warna langit ternyata bisa mempengaruhi kesehatan tubuh manusia.

Dalam serangkaian percobaan yang dilakukan oleh para peneliti, mereka menciptakan sebuah langit buatan yang dapat berubah warna dan memiliki tingkat kecerahan yang berbeda-beda.

Seperti dilansir laman Huffingtonpost, seekor tikus yang berada di bawah langit buatan itu selama beberapa hari didapati paling sensitif terhadap warna.

Pengujian lainnya yang dilakukan memperlihatkan hasil yang sama, dimana jam tubuh sang tikus lebih dipengaruhi oleh perubahan warna antara biru dan kuning. Dr Timothy Brown, dari Fakultas Biologi di Universitas Manchester, mengetakan: “Ini untuk pertama kalinya kita telah mampu menguji sebuah teori bahwa warna bisa mempengaruhi jam tubuh mamalia.”

Dr Timothy pun menambahkan bahwa apa yang menarik tentang penelitiannya adalah temuan yang sama dapat diterapkan juga pada manusia. Dengan demikian, secara teori, warna ternyata bisa digunakan untuk memanipulasi jam, yang bisa berguna untuk pekerja shift maupun wisatawan yang hendak meminimalkan jet lag.

Dr Timothy beserta timnya telah mempublikasikan temuan tersebut di Public Library of Science Biology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *