Ternyata Sayuran Bisa Melawan Ketika Dimakan

By | December 28, 2016

Sayuran bisa melawan saat dimakan – Salah satu bahan makanan yang sangat mudah untuk diolah adalah sayuran karena bahan yang mudah ditemui dipasaran ini tidak perlu dibunuh dan tidak memiliki nyawa seperti halnya hewan.

sayuran

Sayuran (Credit Image: Tribunnews.com)

Akan tetapi sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Universitas of Mussouri mendapati bahwa ternyata sebenarnya tumbuhan dan termasuk sayuran juga bisa merasakan ketika dirinya dipotong menggunakan pisau ataupun ketika dimakan, baik itu oleh manusia maupun hewan.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, para peneliti tersebut berusaha mengamati aktivitas seekor ulat ketika sedang memakan daun. Mereka melakukan hal tersebut karena menduga tanaman atau tumbuhan juga bisa memberikan respon berupa pertahanan dari serangan yang dilakukan oleh ulat tersebut.

Sebuah mikrofon super sensitif akhirnya digunakan oleh para peneliti tersebut guna merekam suara “gemuruh” yang ditimbulkan oleh tananam yang berada dalam keadaan sehat. Lalu setelah itu seekor ulat daun ditaruh diatas daun Arabidopsis, tumbuhan yang berukuran mini yang termasuk dalam jenis keluarga selada dan kubis.

Dengan bermodal alat berupa laser serta bahan reflektif kecil, akhirnya para peneliti mendapati bahwa tanaman juga bisa memberikan respon ketika seekor ulat bergerak didaun tersebut. Ketika sang ulat mulai memakan daun, ternyata tumbuhan membuat getaran untuk membuat senyawa pelindung yang bertujuan untuk melawan serangan yang dilakukan hawan melata tersebut.

“Kami menemukan bahwa ada sinyal ‘getaran’ yang berubah dalam metabolisme daun untuk menciptakan senyawa untuk melindungi dirinya dari serangan ulat,” ujar Heidi Appel, selaku kepala penelitian.

Dengan penelitian yang dirilis oleh jurnal Oecologia, Appel mengharapkan bahwa data itu bisa digunakan guna membantu penelitian selanjutnya. Kedepannya Apple berharap ‘suara’ tanaman juga dapat dipakai untuk mendeteksi sayuran yang masih segar dan tidak segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *