5 Tanda Gejala Diabetes

By | November 28, 2017

Ciri-ciri Gejala Diabetes | Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering kita dengar dengan penyakit gula atau kencing manis. Penyakit ini tidak menular namun bila tidak diketahui penyebabnya dan tidak segera diatasi maka akan sangat membahayakan, bahkan bisa merenggut nyawa.

Pola makan yang tidak sehat dan kurang gerak bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu kita harus tetap menjaga pola makan dan kebiasaan hidup sehat agar tubuh terus terimunisasi.

diabetes

Diabetes (Image: healthaim.com)

Penyakit diabetes biasanya sulit dideteksi karena gejalanya biasa terjadi di kehidupan sehari-hari. Misal tiba-tiba seseorang mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan alasannya, kemudian setelah diperiksa ia didiagnosis diabetes.

Pediaku merangkum dari berbagai sumber beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi gejala diabates mellitus. Diantaranya adalah:

Cepat Haus

haus

Ilustrasi Haus (Image: ak2.picdn.net)

Polidipsia atau biasa yang disebut rasa haus berlebihan merupakan tanda umum terkena penyakit diabetes, baik tipe 1 atau tipe 2. Kekurangan cairan dalam tubuh yang diakibatkan buang air kecil yang terus menerus menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan rasa haus pun tak terelakkan.

Menurut David dr A. Finken MD seseorang yang mengalami dehidrasi berat akan mudah mengalami diabetes, hal tersebut karena penurunan cairan yang terlalu banyak di dalam tubuh.

“Jumlah air di tubuh Anda akan turun, dan Anda akan menjadi haus,” kata dokter dari UniversityofNebraskaMedical Center di Omaha, Amerika Serikat ini.

Berat Badan Turun

Menimbang berat badan

Menimbang berat badan (Image: vebma.com)

Tanpa gula di dalam tubuh, sel yang kelaparan mulai mencari sumber energi alternatif. Tubuh akan memecah lemak dan otot untuk digunakan sebagai energi, hal ini lah yang menyebabkan penurunan berat badan yang cukup cepat.

“Insulin disebut hormon anabolik yang biasanya mempromosikan penyimpanan lemak dan pertumbuhan otot. Tanpa insulin, ada peningkatan lemak dan otot. Jumlah berat badan yang hilang bervariasi dari orang ke orang, bisa dari 10-30 kilogram,” jelas seorang dokter di Joslin Diabetes Center di Boston, dr Kavita Seetharaman, MD.

Mudah lelah

Merasa lelah seringkali dikaitkan dengan kurang tidur atau stres sehari-hari, namun ini bisa jadi salah satu penyebab gejala diabetes.

Kelelahan itu mungkin berasal dari dehidrasi dan penurunan berat badan, atau karena kekurangan energi dari sel tubuh yang mengakibatkan tidak berfungsi secara normal.

Mudah lelah yang biasa diekspresikan dengan frustasi adalah penurunan fungsi otot akibat memikirkan hal-hal yang terlalu berat, sehingga juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh. Hal ini lah yang dikhawatirkan menjadi penyebab diabetes.

Urin berbau manis

Urin berbau manis termasuk salah satu gejala diabetes. Sejak dahulu, istilah ‘urine manis’ adalah salah satu tanda bahwa kadar gula darah tinggi. Ini dikarenakan adanya produksi keton yang berfungsi sebagai sumber energi alternatif bila sel tidak memiliki cukup gula untuk dibakar.

Jika keton terbentuk di dalam darah, darah bisa menjadi terlalu asam. Ini disebut ketoasidosis diabetes, dan bisa mengancam nyawa apabila tidak ditangani dengan cepat.

Pandangan mulai kabur

Sumber: grid.id

Tingkat glukosa yang tinggi dalam aliran darah dapat menyebabkan cairan di mata mulai bocor ke lensa. Hal ini bisa membuat lensa membengkak dan berubah bentuk, yang bisa menyebabkan penglihatan kabur.

Menurut dr. Carlos Blaschke seorang spesialis endokrinologi dari University of Miami Miller Schoolof Medicine, mengatakan pandangan mata yang kabur ini bisa membaik setelah kadar gula darah terkendali. Perlu waktu hingga enam minggu untuk penglihatan Anda menjadi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *