6 Tambang Emas Terbesar di Indonesia

By | February 29, 2016

Tambang emas Indonesia | Negara kita Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia, serta memiliki keanekaragaman budaya.

Orang bilang Indonesia ini “gemah ripah loh jinawi”.

Indonesia membentang dari ujung barat Aceh hingga ujung timur Papua, diantaranya terdapat lautan yang luas dan daratan yang subur, bahkan Indonesia memiliki beberapa tambang emas besar yang diakui oleh dunia Internasional.

Berikut ini adalah 6 tambang emas kita yang telah diakui dunia internasional.

1. Tambang Gosowong, Halmahera

Selama 18 tahun Antam yang bekerjasama dengan Newcrest sudah menambang emas dan perak di Gosowong. Selama kurun waktu tersebut sudah ada sekitar 6 juta ons emas yang sudah berhasil dikumpulkan dari tambang tersebut.

2. Tambang Batu Hijau, Sumbawa

Tambang ini sudah beroperasi sejak tahun 2000. Pada tahun 2005 tercatat sudah sebanyak 2.77 juta ton tembaga yang memiliki rata-rata 0,69g/ton emas terkumpul dari tambang ini. Baru setelah tahun 2025, tambang ini akan menjadi milik NKRI. Duh lama nyaaa..

3. Tambang Kelian, Kutai Barat

Rio Tinto Group harus angkat kaki tahun 2015 setelah mengeruk 7.8 juta ons emas disini, pasalnya operasi yang mereka lakukan selama 45 tahun berada di tanah adat suku Dayak.

4. Tambang Martabe, Tapanuli Selatan

tambang emas martebe

tambang emas martebe (REUTERS/Neil Chatterjee)

Tambang ini sudah menghasilkan sebanyak 3 juta ons emas dan 32 juta ons perak lho sejak mulai menambang pada tahun 2013. Bahkan tambang ini dipercaya mengandung 7.86 juta ons emas serta 73,48 juta ons perak.

5. Tambang Kencana, Maluku Utara

Sedari awal, tambang ini sudah didesain untuk tambang bawah tanah. Berbeda dengan Gosowong yang cukup terbuka. Kencana ini sudah menghasilkan 4.63 juta ons emas dan juga 6 juta ons perak lho.

6. Tambang Grashberg, Puncak Jaya

Tambang ini mungkin yang paling terkenal, karena sering kali heboh dengan berbagai pemberitaannya. Tambang ini dikelola oleh PT Freeport McMoran. Grashberg ini sudah memproduksi 58,474,392 gr emas dan 174,458,971 gr perak.

Ternyata Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam nya ya, namun sayang sekali kita belum bisa mengelola sendiri tambang-tambang tersebut karena terkait biaya dan sumber daya yang dianggap masih kurang memadai. Semoga kedepannya Indonesia lebih bisa untuk mengelola sumber dayanya sendiri.

One thought on “6 Tambang Emas Terbesar di Indonesia

  1. devinoanugerah

    Mau tanya pertambangan emas terbesar diindonesia dimana ya?soal buat ukk ips kelas 8 kurikulum 2013

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *