10 Minuman dan Makanan Penghilang Stres

By | May 14, 2015

Minuman dan Makanan Penghilang Stres — Minuman dan Makanan Penghilang Stres Hidup di zaman serba teknologi dan serba internet seperti saat ini membuat semakin banyak orang yang mudah terkena stres. Stres bisa disebabkan oleh teknologi yang berkembang begitu cepat, informasi yang juga cepat, hal tersebut membuat kita seolah harus menjadi orang yang cepat juga. Hal ini tentu bisa membuat kita stres jika tidak bisa mengontrol diri dan sabar.

Banyak penyebab stres lain, seperti naiknya harga bahan pokok, serta persoalan hidup dalam rumah tangga yang semakin hari semakin banyak terjadi, ini terbukti dengan semakin banyaknya orang yang menikah lalu bercerai dengan mudahnya.

makanan penghilang stres

Makanan penghilang stres (Foto: skinnyms.com)

Kita tidak akan terlalu jauh membahas soal persoalan hidup, kali ini Pediaku hanya akan membahas cara menghilangkan stres dengan makanan, yap, ternyata ada banyak makanan yang bisa meredakan stres Anda, berikut ulasan singkatnya.

1. Cokelat panas
Suhu tubuh yang menjadi hangat merupakan satu pertanda bahwa kita merasa nyaman. Meminum secangkir cokelat panas dapat meningkatkan suhu badan. Otak akan memberikan respon bahwa kita sedang nyaman, stres pun bisa berkurang.

2. Madu
Madu kaya akan vitamin dan antioksidan. Madu sangat baik untuk membantu regenerasi sel,meningkatkan kekebalan tubuh, melawan depresi, sebagai anti peradangan dan juga bisa untuk antibiotik. Rasa manis yang ada pada madu memberikan efek tenang. Sedangkan nutrisi yang terkandung pada madu sebagai pendorong energi.

– Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Menu Sarapan Pagi

3. Kismis atau Buah lain yang dikeringkan
Aprikot, kismis, kacang almond, dan kacang hazelnut merupakan beberapa contoh makanan kaya selenium, magnesium serta vitamin B yang berperan meredakan stres. Makanan tersebut juga efektif digunakan untuk relaksasi otot.

kismis

Kismis (Foto: fuh.my)

Vitamin E dan B2 yang terkandung pada almon dapat melawan depresi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Demikian juga kismis yang kaya nutrisi dan serat.

– Baca juga: 10 Makanan Mengandung Sumber Vitamin D Tinggi

4. Ubi
Kebutuhan akan karbohidrat dan gula meningkat saat seseorang stres. Karbohidrat, betakaroten, vitamin, gula, dan serat yang dikandung oleh ubi bisa membantu tubuh memprosesnya secara pelan dan perlahan.

5. Ikan Salmon
Salmon kaya Omega-3 yang dapat melindungi tubuh dari serangan jantung. Omega-3 pada salmon juga berfungsi untuk mejaga kestabilan adrenalin dan hormon kortisol.

salmon dan tuna

Salmon & Tuna (Foto: nutritionalthinking.wordpress.com)

6. Jeruk 
Kandungan vitamin C yang terdapat pada sebuah jeruk efektif untuk mengurangi stres. Jeruk juga bisa mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tingkat normal, tanpa tekanan.

– Baca juga: 10 Makanan Untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

7. Pisang
Stres dapat membaik dengan mengkonsumsi pisang. Hal ini disebabkan karena pisang kaya akan vitamin A, B, dan C. Sedangkan Mineral yang terkandung dalam buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama saat stres, pisang juga terkenal bisa menormalkan detak jantung.

8. Alpukat
Salah satu cara yang baik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan memberikan asupan kalium yang cukup pada tubuh. Ini bisa anda dapatkan pada alpukat.

9. Segelas susu
Trytophan yang dikandung susu diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati nyaman. Demikian pula, susu kaya mineral.

– Baca juga: 10 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

10. Teh hitam
Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa meminum teh hitam sebanyak 4 kali setiap hari dalam jangka waktu 6 minggu, dapat menurunkan hormon penyebab stres.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa menurunkan stres yang Anda alami, seperti dilansir dari portal kesehatanku,Rabu (13/04/2015).

One thought on “10 Minuman dan Makanan Penghilang Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *