3 Metode Menghilangkan Depresi dalam Waktu 1 Jam

By | October 10, 2017

Metode menghilangkan depresi | Dalam kehidupan sehari-sehari tentu tak asing dengan istilah depresi yang diakibatkan tekanan-tekanan, bisa jadi tekanan dari pekerjaan, masalah keluarga dan masalah ekonomi.

Jika akhir-akhir ini rasa depresi mengahmpiri kehidupan anda, tentunya sangat mengganggu aktivitas anda. Dan segala upaya anda lakukan namun tidak berhasil juga. Dalam sebuah riset membuktikan, ada beberapa cara cepat dan mudah untuk mengusir depresi itu.

stres

Ilustrasi Stres (Image: bbc.com)

Menurut Stephen Schuelle, PhD, seorang profesor pencegahan medis di Pusat Teknologi Intervensi Perilaku, Northwestern University, AS, “cara cepat dan mudah usir depresi ini bisa berefek sementara dan mungkin permanen”,  mengutip Health, Senin (10/10/2017).

Berikut beberapa cara cepat usir depresi, yang hanya membutuhkan waktu satu jam.

Berolahraga untuk menghilangkan depresi

Berolahraga telah terbukti mampu mendongkrak aliran endorfin ke otak. Berbagai studi mengindikasikan, rasa senang setelah berolahraga bisa bertahan sampai beberapa jam.

Sebuah studi baru dalam American Journal of Psychiatry menyatakan, berolahraga cukup satu jam sudah bisa mencegah beberapa kasus depresi untuk berkembang.

Kongkow dengan teman

Kongkow bersama teman bisa bantu cegah depresi. Karena secara tidak langsung dengan sendirinya kita bisa mencurahkan seluruh isi hati ke teman-teman.

Nah, kongko dengan teman bisa janjian ngopi dengan teman sekolah atau main ke rumah teman, menghabiskan waktu satu jam untuk bercakap-cakap bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan mental, ujar Schuller.

Bertemu dengan teman yang ceria dan periang bisa membantu Anda ikut merasa senang, menurut sebuah studi baru dalam Royal Society Open Science.

Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga adalah kegiatan yang kurang sering kita lakukan, dan hal ini sangat memengaruhi kebahagiaan dan kesehatan,” lanjut Schuller.

Untuk efek lebih dahsyat, Schuller menyarankan untuk menggabungkan waktu kongko dengan olahraga.

Menulis daftar berkah untuk menghilangkan depresi

Membuat jurnal berisi hal-hal apa saja yang bisa Anda syukuri bisa membantu mendongkrak suasana hati, dan menurunkan risiko depresi seiring waktu. Beberapa pakar menyarankan untuk menulis tiga hal yang Anda syukuri, tapi Schuller menyarankan metode berbeda.

Menulis

Aku menulis satu hal yang aku syukuri setiap hari, dan pada akhir minggu, aku melihat ulang apa saja yang sudah kutulis, lalu memikirkan hal terbaik apa yang terjadi di minggu itu,” ujarnya. “Aku juga melakukan hal yang sama pada akhir bulan dan tahun. Hal ini membantuku untuk terus maju dan bisa melihat segalanya dengan lebih baik”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *