5 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental

By | October 14, 2015

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental — Sudah tidak bisa dipungkiri jika olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dibutuhkan oleh tubuh. Melakukan olahraga secara rutin bisa memberikan banyak dampak positif untuk kesehatan fisik.

Selain kesehatan fisik, melakukan olahraga secara teratur juga baik untuk kesehatan mental. Hal tersebut juga direkomendasikan oleh para peneliti. Mereka merekomendasikan orang yang mengalami kecemasan berlebih, depresi serta masalah mental lainnya untuk melakukan aktifitas fisik.

olahraga lari

olahraga lari (Image: huffingtonpost.co.uk)

Sedangkan untuk orang yang tidak mengalami masalah dengan mental, olahraga seperti disebutkan diawal artikel tadi yaitu bisa memberikan manfaat bagi fisik.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan mental seseorang.

1. Olahraga merubah mood jadi baik

Disamping akan memiliki tubuh yang lebih berenergi dan mendapatkan imun yang lebih baik, melakukan olahraga juga bisa membuat suasana hati yang melakukannya menjadi lebih baik. Namun para peneliti belum menemukan secara pasti apa yang menyebabkan hal tersebut.

2. Olahraga bisa mempertajam ingatan

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa melakukan olahraga bisa meningkatkan fungsi otak serta efek positif untuk ingatan seperti diungkapkan oleh studi di Harvard Medical School.

– Baca juga: 10 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

3. Olahraga dapat menjaga kecerdasan

Menurut sebuah laporan dari CDC, melakukan aktivitas fisik secara rutin bisa membantu seseorang berfikir hingga dewasa. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan bahwa olahraga bisa meningkatkan ingatan serta kesehatan otak para lansia.

4. Olahraga membuat seseorang berfikir kreatif

Melakukan olahraga secara rutin bagus untuk orang yang mengalami masalah sulit berfikir “out of the box“. Berbagai penelitian menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan pikiran kreatif dalam beberapa jam setelah olahraga.

– Baca juga: Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan di Rumah

5. Meningkatkan memori

Melalui tes dengan menyebut dan kosakata untuk mengingat nama, memori adalah bagian utama dari masa-masa sekolah mulai dari sekolah dasar hingga lebih tinggi, dan penelitian menunjukan bahwa olahraga bisa membantu dengan memanggil kembali memori tersebut. Bahkan sebelum publikkasi penelitian tersebut, melalui The New York Times dilaporkan adanya kolerasi antara olahraga dan memori yang lebih baik.

Itulah beberapa manfaat olahraga fisik secara teratur seperti Pediaku.com kutip dari Huffington Post pada Rabu (14/10/15).

Sumber: Huffington Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *