Manfaat Minum Secangkir Teh untuk Kesehatan

By | July 27, 2016

Manfaat minum secangkir teh untuk kesehatan | Meminum secangkir teh menurut sebuah studi bukan hanya meningkatkan kinerja otak, namun juga bisa mengurangi rasa letih pada tubuh dan akan meningkatkan kewaspadaan. Yang jika semuanya dikaitkan maka pada akhirnya, akan meningkatkan performa seseorang.

Para para ilmuwan dari Belanda dalam penelitian tersebut mencoba untuk memperhatikan efek dari bahan kimia yang terkandung didalam teh. Mereka kemudian meneliti performa yang ditunjukkan oleh 44 orang sukarelawan yang masih muda dalam studi tersebut.

secangkir teh

secangkir teh (Image: (Image: csudhbulletin.wordpress.com)

Pengaruh bahan kimia tersebut yaitu asam amino L-theanine serta sejumlah kafein dalam takaran tertentu yang umumnya sering ditemukan dalam secangkir teh, kemudian dibandingkan. Hasilnya, bahan-bahan aktif tersebut ternyata bisa meningkatkan akurasi dalam menjalankan berbagai pekerjaan bagi mereka yang meminum teh setelah 20 dan 70 menit. Para peminum teh tersebut juga mengalami peningkatan yang cukup tajam pada rasa waspada mereka.

Disamping itu, secangkir teh juga dapat mengurangi rasa lelah para sukarelawan yang menjadi peserta penelitian tersebut, dimana mereka rata-rata berusia di bawah 40 tahun. Hasil studi ini juga sudah dipublikasikan dalam jurnal Nutritional Neuroscience. Meminum teh juga dipercaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, dan parkinson.

Tim Bond, dari Tea Advisory Panel, menjelaskan temuan lainnya: dengan meminum dua cangkir teh hitam bisa untuk meningkatkan kemampuan bereaksi terhadap rangsangan. Disamping itu, memusatkan perhatian pada tugas. “Kedua penelitian ini membuktikan bahwa mengkonsumsi teh mampu meningkatkan fungsi kognitif,” tuturnya. Secara khusus bisa membantu memfokuskan perhatian pada penyelesaian tugas.

Tim Bond mencatat pula temuan terbaru mengenai manfaat teh. Minum empat cangkir sehari, menurut Bond, membawa kesehatan dan kebaikan empat kali lipat daripada tidak minum teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *