7 Makanan Untuk Mencegah dan Mengobati Anemia

By | October 23, 2015

Terdapat banyak makanan yang bisa mencegah dan melawan serta mengobati anemia, anemia adalah gangguan darah yang umum terjadi pada masyarakat. Seorang dikatakan mengalami anemia ketika sel-sel darah merah atau konsentrasi hemoglobinnya rendah. Fungsi hemoglobin adalah mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Jadi pada saat hemoglobin kurang, seseorang cenderung mengalami lemas bahkan jadi cepat lelah.

Perempuan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena anemia dibandingkan laki-laki. Ada berbagai penyebab anemia. Beberapa diantaranya adalah kekurangan zat besi, defisiensi vitamin B12, menyusui, merokok, penuaan, kehilangan darah yang berlebihan serta karena penggunaan obat-obat tertentu.

Gejala anemia setiap orang berbeda-beda, terdapat berbagai variasi. Namun, gejala yang paling umum adalah mengalami kelesuan, kelelahan, muntah, keringat meningkat, terdapat darah dalam tinja, sesak napas, hati yang terasa panas dan kepekaan terhadap dingin.

Pasien anemia harus mengikuti pola makan yang sehat. Mereka harus makan makanan yang kaya zat besi dan vitamin seperti bayam, tomat, daging merah, delima dan lain sebagainya. Pada artikel ini, Pediaku.com akan informasikan beberapa makanan super yang dapat melawan anemia.

1. Ubi jalar

ubi jalar

Ubi jalar (image: ayuqhaatami.blogspot.co.id)

Ubi jalar dikenal untuk mengobati anemia secara efektif. Ubi memiliki kandungan besi yang bisa mengaktifkan kembali sel darah merah dan dengan demikian akan meningkatkan suplai darah oksigen ke seluruh bagian tubuh. Menambahkan ubi dalam menu diet Anda adalah cara yang sangat mudah untuk menjaga tubuh dari anemia.

2. Delima

buah delima

Buah delima (Image: manfaatnyasehat.com)

Buah delima merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan zat besi dan vitamin C. Hal ini akan meningkatkan aliran dalam tubuh. Hal ini juga menangkal pusing, lelah dan lemas. Makan buah delima setiap hari tentu akan mengurangi gejala anemia.

3. Tomat

jus tomat

just tomat via cloudinary.com

Tomat merupakan sumber vitamin C terbaik, yang bisa membantu dalam mengurangi anemia. Vitamin C membantu penyerapan yang lebih baik untuk zat besi dalam tubuh. Minum dua gelas jus tomat setiap hari untuk melawan anemia.

4. Bayam

daun bayam

Daun Bayam (Image: pesona.co.id)

Bayam mencegah anemia. Bayam mengandung kalsium, vitamin A, E, B9, C, zat besi, serat dan beta karoten. Menyertakan bayam dalam menu Anda akan baik karena akan meningkatkan darah dalam tubuh.

5. Kedelai

Kedelai mengandung zat besi dan vitamin. Adanya asam fitat dalam kedelai dapat melawan anemia. Hal tersebut karena kedelai rendah lemak dan tinggi protein, itu bisa untuk mengurangi anemia.

6. Daging merah

Daging merah sepert daging sapi, domba dan juga babi mengandung jumlah zat besi yang baik yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Hati memiliki banyak zat besi dan vitamin B yang berkontribusi mencukupi zat besi harian yang dibutuhkan tubuh.

7. Telur

telur rebus

Telur Rebus (Foto: airstreamdiva.blogspot.com)

Telur adalah sumber makanan yang kaya akan protein dan antioksidan yang dalam memperbarui vitamin yang hilang selama dalam kondisi anemia. Kuning telur meruapakan sumber yang kaya akan zat besi. Secara alami hal tersebut akan meningkatkan sel darah dalam tubuh.

– Baca juga: 10 Manfaat Protein bagi Tubuh Manusia

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melawan anemia yang sangat mengganggu aktivitas Anda tersebut. Intinya adalah perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi selama masa anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *