8 Makanan Sebelum Olahraga yang Baik Untuk Tubuh

By | January 20, 2017

Makanan sebelum olahraga yang baik dikonsumsi dan menyehatkan tubuh | Gaya hidup sehat sudah mulai menjadi perhatian banyak orang saat ini, mulai dari makanan sehat serta olahraga yang teratur menjadi rutinitas yang dilakukan setiap saat.

Namun berkaitan dengan olahraga dan makanan, ternyata kombinasi keduanya juga tidak kalah penting. Kebiasaan keliru yang acap kali dilakukan orang adalah melakukan olahraga ketika perut kosong. Karena banyak yang menganggap jika makan sebelum olahraga maka bisa membuat perut menjadi kram. Gak gitu juga kalii..

makanan sebelum olahraga

makanan sebelum olahraga (image: mysportcorner.com)

Kram perut disebabkan jika kita makan berat dan sulit dicerna oleh perut, contohnya seperti nasi putih, daging, kentang, atau bakwan dan tempe goreng.

Jika Anda tidak ingin sakit perut maka makan yang sederhana dan mudah dicerna oleh tubuh Anda, sehingga perut tidak keram.

Menu makanan sebelum olahraga

Pakar gizi sekaligus penulis Manuela Villacorta menyarankan lima makanan yang dapat dikonsumsi sebelum olahraga. Berikut ini adalah daftar makanan tersebut yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Pisang

pisang

Pisang (Image:playbuzz.com)

Pisang mengandung karbohidrat dan potassium yang tinggi. Tiga buah pisang serta satu gelas air sudah cukup untuk dibawa lari 3 hingga 5 km.

Kopi

Kafein dalam kopi memudahkan tubuh untuk melepaskan energi. Ditambah bisa menambah stamina serta meningkatkan potensi pembakaran lemak ketika olahraga.

Smoothies Buah

Segelas minuman yang berisikan nutrisi kompleks yang sangat berguna selama melakukan olagraga. Gula, protein serta karbohidrat. Cukup lengkap untuk diajak olahraga.

Putih telur

telur

Telur via answers.com

Putih telur mengandung banyak protein dan tidak memiliki lemak sama sekali, lebih dianjurkan untuk dikukus untuk Anda yang tidak suka makan mentah. Selain itu putih telur ini bisa memperbesar otot juga lho, jika dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Roti Gandum

Sangat mudah untuk membuat perut merasa kenyang dan berenergi. Cukup dengan dua lembar roti gandum sudah hampir mirip dengan seporsi nasi putih. Bisa juga ditambah dengan madu, selai coklat, nanas atau stroberi. Wah olahraga Anda pasti akan menjadi lebih bersemangat deh pasti.

Tambahan makanan sebelum olahraga

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal (Image: oprah.com)

Oatmeal merupakan makanan yang cukup ideal untuk dikonsumsi sebelum olahraga di pagi hari karena makanan ini cukup berat untuk memberikan energi, khususunya apabila Anda menambahkan buah ketika mengonsumsinya. Disamping itu, oatmeal juga tidak terlalu membuat perut kenyang sehingga tidak akan mengganggu kegiatan olahraga Anda.

Biji-Bijian

Berbagai biji-bijian seperti kacang, buncis dan lentil merupakan sumber protein dan karbohidrat kompleks yang cukup baik. Makanan ini bisa membuat Anda merasa kenyang dan mendapatkan energi yang cukup dalam waktu yang lama. Walaupun begitu, tembahkan sedikit saja biji-bijian maupun kacang pada makanan Anda, sebab terlalu banyak memakan biji-bijian bisa membuat produksi gas dalam perut Anda meningkat.

Roti & telur

Tadi kita sudah bahas telur, namun yang kali ini adalah roti dan telur yang dipadukan. Makanan ini cukup banyak difavoritkan oleh orang untuk sarapan dipagi hari. Roti yang dipadukan dengan telur orak-arik atau keju rendah lemak merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh. Makanan ini juga kaya nutrisi dan sangat direkomendasikan untuk disantap sebelum berolahraga.

Saran

Namun perlu diingat bahwa jangan langsung berolahraga sebahis mengisi perut dengan makanan. Perlu dikasih jeda waktu sekitar 30 menit hingga satu jam. Agar makanan tersebut bisa dicerna terlebih dahulu oleh tubuh, selain itu agar Anda tidak mual ketika melakukan olahraga.

Selamat mencoba Pediasss…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *