Inilah Kota Paling Dingin di Indonesia, Ternyata Bukan Bogor atau Bandung

By | June 12, 2015

Kota terdingin di Indonesia bukan Bogor atau Bandung – Biasanya ketika berbicara soal tempat paling dingin di Indonesia orang pasti akan menyebutkan nama kota Malang, Bogor atau Bandung. Namun hal tersebut ternyata salah, karena kota paling dingin di Indonesia malah ada di luar pulau Jawa, atau tepatnya berada di Provinsi Papua. Kota tersebut yaitu kota Mulia yang juga menjadi Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya.

Bayangkan saja, suhu udara normal disana antara 15-20 derajat celcius pada siang hari, sedangkan pada malam hari bisa mencapai dibawah 10 derajat celcius. Penyebabnya karena kota yang terletak pada ketinggian sekitar 2000 meter di atas laut serta tidak sama sekali bersentuhan degnan pantai.

kota paling dingin di Indonesia

Foto via brilio

Oleh sebab itu, banyak rumah di Kota Mulia banyak yang masih menggunakan hanoi dengan dinding utuh tanpa jendela sama sekali agar bisa menghalau angin. Hanya ada sedikit rumah saja yang menggunakan dinding semen, itu pun sebagian besar hanya di perkantoran saja.

Letaknya yang berada di perbukitan membuat transportasi terbatas di sana, hanya ada jenis pesawat kecil saja yang mampu menjangkau daerah tersebut. Butuh waktu sekitar satu jam dari Bandara Sentani, Jayapura agar bisa mencapai Kota Mulia.

Penduduk di kota Mulia sebagian besar menggantungkan hidupnya pada hasil perkebunan. Karena terletak di dataran tinggi, perkebunan warga di kota ini tumbuh subur. Di antaranya ada ubi kayu, sayuran, ubi jalar, buah-buahan serta kedelai. Namun sayangnya fasilitas listrik di Mulia masih sangat minim, biasanya di atas jam 6 sore listrik sudah dimatikan. Sedangkan untuk sinyal operator seluler yang bisa masuk ke wilayah tersebut hanyalah sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *