Inilah 5 Kopi Asli Indonesia yang Go Internasional

By | October 21, 2017

Kopi asli Indonesia yang Go Internasional / Mendunia Negara Indonesia yang sering disebut Negara tropis sangat kaya akan hasil alamnya. Sejak jaman dahulu kala bangsa-bangsa Eropa bertarung demi mendapatkan rempah-rempah Indonesia, gula, teh, coklat, sawit, dan kopi.

Sudah sewajarnya hingga saat ini rempah-rempah Indonesia terkenal di seluruh dunia, seperti halnya kopi nggak sedikit wisatawan asing yang datang langsung ke perkebunan kopi untuk melihat pemetikan, proses biji kopi sampai bisa dinikmati secara langsung.

Nah berikut 5 jenis kopi asli dari Indonesia yang mendunia.

Kopi Luwak

Kopi Luwak yang terkenal baik di dunia sejak tahun 1969, kopi asli Indonesia yang berasal dari Jawa dan Sumatera. Kopi Luwak merupakan jenis kopi termahal dan merupakan salah satu jenis kopi yang produksinya paling aneh.

kopi luwak

Ilustrasi Kopi Luwak (Image: livetradingnews.com)

Kopi ini merupakan hasil dari biji kopi yang dimakan binatang Luwak dan tidak tercerna biji kopinya.

Sistem pencernaan Luwak menyerap getah-getahdari biji kopi dan memfermentasinya membuat kopi Luwak memiliki rasa yang eksotis, hampir seperti sirup dan sangat lembut dengan aroma karamel dan kakao. Rasanya tidak tertandingi.

Kopi Gayo

Kopi Gayo atau Gayo coffee ini merupakan jenis kopi arabika yang jadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh.

Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena punya aroma dan kenikmatan khas dan jika di-cupping atau test rasa dan aroma, di daerah gayo ini hampir punya cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia, hal ini disebabkan karena faktor ketinggian dan beberapa aspek lain yang bikin kopi gayo terbaik.

Buktinya, udah beberapa kali kopi gayo meraih penghargaan sebagai kopi terbaik dunia.

Kopi Toraja

Kopi Toraja adalah kopi asli Indonesia yang punya julukan Kopi Celebes Kalosi dan Kopi Para Dewa ini merupakan salah satu jenis kopi yang terkenal di kalangan pecinta kopi.

kopi toraja

Kopi Toraja (Image: Blogspot)

Kopi toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan memiliki badan yang berat. Kopi Sulawesi dan kopi Sumatera memiliki rasa khas yang serupa, seperti rasa tanah dan hutan.

Rasa tersebut muncul karena terpengaruh pemrosesan setelah biji kopi dipetik. Kopi Toraja saat ini sudah dipatenkan di Jepang dan AS oleh pengusaha lokal sehingga penjualan kopi Toraja di kedua negara tersebut harus melalui kedua perusahaan itu.

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani atau disebut juga kopi Bali, karena ini berasal dari Bali. Bisa dibilang unik, karena kopi ini dioleh melalui proses basah atau wetprocessed dan dihasilkan dari kawasan dingin.

Rasanya agak asam dan sedikit fruity karena bercampur sama rasa jeruk. Cita rasa klasik, full, bersih, dan lembut. Kopi ini juga terkenal di berbagai negara seperti di Jepang, namun di Indonesia sendiri kopi bisa dijumpai di Cafe Anomali. Jadi kalau anda mau mencoba nikmatnya kopi ini bisa datang ke Cafe tersebut.

Kopi Wamena

Kopi Wamena atau kopi Papua pada umumnya merupakan jenis Arabika. Perkebunan-perkebunan yang terkenal berada 15.000 kaki dari pantai dengan suhu 20-25 derajat celsius, sebagian pecinta kopi menjajarkan kopi ini sama Jamaica Blue Mountain. Kopi ini merupakan kopi organik dengan kualitas terbaik. Karena tanah Papua yang masih sangat subur kopi yang dihasilkan sangat baik. Aroma kopinya harum, halus nyaris tanpa ampas dan memiliki after taste yang sangat manis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *