Keuntungan Olahraga Pernapasan

By | August 12, 2017

Manfaat Olahraga Pernapasan | Melakukan olahraga tidak selalu harus yang berkaitan dengan ketahanan fisik seperti sepakbola atau tinju. Ada olahraga yang juga baik yaitu olahraga pernapasan seperti Yoga, Taichi dan Chikung.

Selain membuat badan menjadi sehat olahraga pernapasan juga membuat fisik baik dan emosi menjadi lebih stabil.

olahraga pernapasan

Ilustrasi olahraga pernapasan (Image: hitput.com)

Apabila olahraga ini bisa dilakukan dengan konsentrasi dan mengendalikan napas yang baik maka penat karena tugas kantor yang menumpuk bakal hilang.

Tarikan napas yang dilakukan dengan teratur dan juga dalam akan membuat oksigen mengalir ke otak, oleh sebab itu kita menjadi lebih nyaman dan merasa stres berkurang. Intinya adalah melakukan olahraga ini dengan rutin dan disiplin.

Berikut beberapa manfaat lain dari olahraga pernapasan.

1. Volume tidal meningkat.

Ketika bernapas pasif, volume tidal (kemampuan menghirup udara dalam sekali bernapas) sekitar 400-500 ml. Latihan olahraga pernapasan bisa membuat 2 sampai 3 kali lebih banyak.

2. Sistem pencernaan makin baik

Saluran cerna menjadi lebih baik karena bagian dalam perut seperti “dipijat”.

3. Merangsang pertumbuhan otak

Menurut studi pada tahun 2005 di Universitas Harvard, meditasi yang memfokuskan pada napas memiliki kapasitas untuk meningkatkan ketebalan korteks otak.

4. Meningkatkan sistem imun dan semangat

Gerakan dalam olahraga pernapasan memberikan efek menenangkan. Hasilnya tubuh memiliki kesempatan untuk mengganti sel-sel yang rusak dan mempercepat proses pemulihan gangguan tubuh dan penyakit.

5. Membangkitkan gairah bercinta

Kelenturan dan konsentrasi membuat tubuh mengalami relaksasi. Ini bisa meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf perasa di seluruh tubuh.

Bahkan bernapas dengan baik bisa membuat tidur menjadi lebih lelap, istirahat juga akan maksimal.

Efek dari olahraga ini pun baru bisa dirasakan manfaatnya jika kita melakukannya secara rutin dan disiplin. Jika mengalami kebosanan, boleh juga diselingin dengan olahraga lain seperti renang atau joging.

Efek bugar dari olahraga yang dilakukan akan berkurang dalam waktu 72 jam. Jadi olahraga jangan hanya sekali, minimal lakukan dua kali seminggu. Olahraga pernapasan akan makin efektif jika kita mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *