8 Jenis Busana Muslim Wanita — Hijabers Harus Lihat

By | June 22, 2016

Jenis busana muslim wanita | Islam sangat memperhatikan soal pakaian umatnya, laki-laki dan perempuan memiliki aturan tersendiri. Busana para penganut agama Islam tentu harus yang menutupi auratnya masing-masing, pria dan wanita dalam Islam memiliki batasan aurat yang berbeda. Namun soal jenis dan modelnya dibebaskan asalkan masih wajar dan tidak berlebihan ataupun bermewah-mewah.

Untuk pakaian wanita, mungkin yang paling terkenal di Indonesia adalah hijab. Mulai dari anak perempuan hingga wanita dewasa menggunakan jenis busana muslim yang satu ini. Namun sebenarnya ada banyak sekali jenis – jenis pakaian lainnya yang sering dipakai wanita muslimah lainnya namun lebih sering dikenakan oleh wanita muslim diluar Indonesia seperti nikab dan burqa.

Berikut ini beberapa jenis busana muslim wanita yang umum digunakan oleh muslimah dari berbagai negara.

1. Hijab

wanita berhijab

Wanita berhijab (Image: dailylife.com.au)

Hijab mungkin yang paling terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Hijab ini biasanya berupa kain persegi atau persegi panjang yang dilipatkan lalu dipakai untuk menutupi rambut dan kepala. Pemakaiannya tergantung pada gaya dan tempat, modelnya pun beragam. Namun hijab yang syar’i biasanya lebih panjang.

2. Khimar

khimar wanita

Khimar wanita (Image: eve.com.mt)

Khimar merupakan istilah yang umum dipakai untuk penutup kepala seorang wanita. Khimar terjulur untuk menutupi bagian atas dari tubuh wanita hingga ke pinggang.

3. Abaya

abaya wanita

Abaya wanita (Image: galstyles.com)

Abaya terlihat seperti jubah untuk para wanita yang biasanya dikenakan di atas pakaian lainnya pada saat berada di depan umum. Abaya biasa terbuat dari serat sintetis hitam namun terkadang juga dihiasi dengan beberapa bordir maupun manik-manik sebagai hiasan. Penggunaan abaya biasanya dikombinasikan dengan kerudung maupun cadar. Busana muslimah yang satu ini banyak dipakai oleh wanita-wanita dari Teluk Persia.

4. Chador

chador

Chador (Image: eve.com.mt)

Yaitu jubah yang dipakai untuk menutupi tubuh wanita mulai dari atas kepala hingga kebawah. Biasanya chador ini dipakai para wanita di Iran tanpa bercadar.

5. Jilbab

Jilbab agak mirip dengan abaya namun memiliki perbedaan pada kainnya yang sangat panjang dan bisa menutupi tubuh wanita dari kepala hingga kebawah.

6. Niqab

Nikab wanita

(Image: tvo.org)

Nikab yaitu sebuah cadar yang biasanya dipakai oleh beberapa wanita muslim untuk menutupi bagian wajahnya. Sering digunakan bersama abaya.

7. Burqa

burqa

Burqa (Image: eve.com.mt)

Sejenis jilbab yang menutupi hampir seluruh tubuh wanita termasuk bagian matanya.

8. Shalwar kameez

Shalwar Kameez

Shalwar Kameez (Image: islam.about.com)

Shalwar kameez ini biasanya dikenal sebagai Baju Pakistan, jenis pakian ini bukan hanya dikenakan oleh wanita saja namun juga pria. Selain Pakistan juga banyak dipakai di India, yaitu celana longgar yang dikenakan dengan tunik panjang.

Sumber: http://islam.about.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *