5 Fakta Krisis Keuangan Yunani Yang Perlu Anda Ketahui

By | June 30, 2015

Fakta Krisis Keuangan Yunani — Yunani dikabarkan akan bangkrut belakangan ini, masalah krisis yang tak kunjung usai membuat negara para dewa dan filsuf ini dalam posisi sekarat.

Berikut ini adalah 5 fakta yang terjadi dalam krisis keuangan di Yunani, seperti dilansir Business Review Weekly.

1. Masuk Tahun Keenam Resesi

Yunani saat ini sudah enam tahun resesi, meskipun telah melaksanakan berbagai langkah pemotongan keuangan yang sangat “menyakitkan” bagi warganya. Pada tahun ini perekonomian Yunani diperkirakan masih akan mengalami penurunan 4.5%.

2. Angka Pengangguran Tinggi

Jumlah penangguran di Yunani sekarang mencapai 27%. Angka tersebut adalah jumlah pengangguran yang terbesar di Uni Eropa. Jumlah tersebut menunjukan: ada sekitar 1,5 juta orang di negara tersebut yang tidak memiliki pekerjaan. Pada tahun 2009, kuota pengangguran Yunani hanya 9.6%.

krisis yunani

Krisis Yunani (Image:telegraph.co.uk)

3. Warga Mudanya Bergantung Pada Keluarga

Terdapat sekitar 62% warga muda Yunani yang tidak mendapatkan pekerjaan meskipun mereka berpendidikan tinggi. Sebagain besar dari mereka terpaksa harus bergantung kepada keluarga agar bisa tetap hidup. Sebagaian lainnya tinggalkan Yunani untuk mencari kerja di negara lain.

4. Pengurangan 25.000 Pekerjaan Layanan Umum

Pada tahun ini pemerintah Yunani diperkirakan akan mengurangi 25rb pekerjaan di bidang layanan umum. Itu dilakukan sebagai langkah untuk mencapai tujuan pengurangan 150rb pekerja pada tahun 2015. Tujaun yang akan dicapai dengan hal tersebut: Dari jumlah pekerja yang ada sekarang, nantinya hanya satu yang bekerja sementara 10 pensiun.

5. Pariwisata Terus berjalan

Saat krisis dan hampir bangkrut seperti sekarang, namun jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yunani ternyata bertambah banyak. Menurut Digital Journal turisme naik pada tahun 2013, setelah sebelumnya merosot pada tahun 2012. Wisatawan dari Jerman sekarang meningkat jumlahnya hingga 10%, sedangkan yang berasal dari Austria 35%. Mentri Pariwisata Olga Kefaloyiannis mengatakan, bertambahnya turis yang datang bisa kembalikan rasa optimis.

Sumber: Business Review Weekly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *