Efek Minum Kopi Tiap Hari Tidak Baik Bagi Tubuh

By | March 16, 2017

Efek minum kopi tiap hari bagi kesehatan tubuh – Meminum kopi kini telah menjadi gaya hidup sebagian orang, apalagi dengan semakin banyaknya cafe yang tentu saja menyajikan minuman kopi sebagai sajian utama.

Kopi kini bukan hanya dinikmati oleh orang-orang tua namun juga olah anak muda bahkan remaja.

Orang yang sering bekerja hingga larut malam juga sering kali ditemani oleh secangkir kopi.

Hal demikian jika dilakukan secara terus menerus tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena sesuatu yang berlebihan sering kali tidak baik.

Seperti dilansir laman mydomaine.com, Selasa (14/3/2017), beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak kafein atau lebih dari lima cangkir kopi dalam sehari dapat menyebabkan kegelisahan.

Bukan hanya itu, berikut ini adalah beberapa hal lainnya yang harus Anda waspadai bisa terjadi pada otak Anda jika terlalu banyak minum kopi. Mari simak.

1. Nafas menjadi pendek dan dangkal

sulit bernapas

Ilustrasi sulit bernapas (Image: klimg.com)

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat melepaskan lebih banyak hormon adrenalin yang dapat memicu stres. Sedangkan stres sendiri bisa meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan hal ini juga bisa membuat nafas menjadi lebih pendek dibanding biasanya. Jadi berhati-hatilah dalam mengonsumi kopi, apalagi jika terlalu sering.

2. Kopi membuat lebih mudah cemas dan marah

wanita marah kepada pria

ilustrasi merah – marah via catherinebruns.com

Oksigen yang sampai ke otak bisa berkurang jika pernapasan Anda dangkal, akibatnya akan memanipulasi emosi dengan berbagai cara. Sehingga anda mungkin akan merasa lebih sensitif dan bahkan mudah cemas atau khawatir.

3. Kopi bisa menyebabkan insomnia

tidur ketindihan

Ilustrasi sulit tidur (Image: healthnadvise.com)

Untuk bisa dicerna dengan baik oleh sistem tubuh, kopi setidaknya membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Oleh sebab itu Anda sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi, apalagi di waktu sore hari dan malam sebelum tidur, karena akan mendatangkan kesulitan tidur pada Anda pada malam hari.

Kurang tidur tentu tidak baik bagi tubuh, karena tubuh setidaknya harus tidur delapan jam dalam sehari, terutama pada malam hari.

Selain itu kurang tidur juga bisa memperburuk hal-hal yang sebelumnya sudah kita bahas, yaitu soal pernapasan dan rasa cemas berlebihan.

Jaga kesehatan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *