6 Efek Buruk Minum Kopi | Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan

By | June 17, 2015

Efek buruk kopi bagi kesehatan — Kopi selama ini dikenal sebagai minuman yang memiki efek samping namun tetap menjadi favorit banyak orang, terutama kaum laki-laki, yang suka begadang apalagi, pasti jadi teman sejatinya. Bukan hanya pria, wanita juga banyak yang menyukai kopi, karena banyak khasiat yang terkandung dalam kopi yang baik untuk kesehatan. Kafein sejak dulu dikenal sebagai stimulun yang bisa mempengaruhi sistem saraf pusat yang dimiliki manusia. Itulah sebabnya kopi disukai banyak orang, karena kopi bisa untuk membuat mata tetap terjaga disaat sedang mengantuk.

Namun ternyata minum kopi juga tidak boleh terlalu banyak, karena karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa membahayakan kesehatan mata, seperti dilansir Livestrong, Rabu (6/5), setidaknya ada dua jenis penyakit yang bisa menyerang jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

1. Kelopak mata kejang

Mengkonsumsi mata bisa menyebabkan kelopak mata menjadi sering mengalami kejang. Kondisi tersebut memang tidak terlalu serius, tapi hal tersebut bisa terjadi dikarenakan oleh efek stimula dari kandungan kafein itu sendiri. Kelopak mata yang kondisinya sering berkedut bisa menyebabkan kejang otot secara periodik pada kelopak mata seseorang. Walaupun begitu namun efeknya tidak akan terjadi secara permanen. Apabila konsumsi kafein dikurangi, maka kelopak mata akan bisa berfungsi secara normal lagi.

kopi

Kopi (Foto:patiocoffee.com.au)

2. Glaukoma

Glaukoma merupakan sejenis penyakit mata dimana tekanan cairan di dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak.

Menurut laporan dari Glaukoma Research Foundation, seperti yang Pediaku.com kutip dari laman Brilio, mengkonsumsi kafein ternyata bisa menyebabkan peningkatan tekanan intraokular pada mata. Peningkatan tersebut bisa berlangsung cukup lama, sekitar tiga jam sebelum pada akhirnya normal kembali.

Glaukoma sendiri bisa menjadi sangat berbahaya dan bahkan menyebabkan mata menjadi buta apabila mengkonsumsi kafein dengan jumlah yang terlalu banyak pada satu waktu. Namun sayangnya orang yang terserang glaukoma tidak akan terlalu terlihat perubahannya, karena gejalanya tidak nampak dari luar. Glaukoma ini sendiri dapat disembuhkan, bahkan bisa menyebabkan kebutaan mata yang parah.

– Efek Lain Minum Kopi –

3. Kopi bisa menyebabkan susah buang air besar atau constipation.

4. Kopi bisa menimbulkan karang gigi dan gigi menjadi kuning apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Hal tersebut diinformasikan oleh situs wikipedia pada pembahasan tentang karang gigi.

5. Asam lambung meningkat

Meskipun kopi memiliki banyak manfaat namun kopi dikenal sebagai minuman yang bisa meningkatkan kegelisahan. Dosis konsumsi yang terlampau banyak tidak bisa diterima oleh semua orang. Disamping itu, tingkat keasaman kopi yang tinggi dapat merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebih.

6. Detak jantung meningkat

Kandungan kafein dalam kopi bersifat stimulan yang menyebabkan kecanduan. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti meningkatnya detak jantung serta tekanan darah tinggi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *