Besaran Dana Pensiun dan Fasilitas yang Didapat Barack Obama Saat Pensiun Jadi Presiden Amerika Serikat

By | January 24, 2017

Besaran dana pensiun yang didapat Barack Obama saat pensiun jadi presiden Amerika Serikat | Donald Trump sudah dilantik menjadi presiden baru Amerika Serikat pada Jumat lalu menggantikan Barack Obama.

barack obama pensiun

Barack Obama (image: Dailymail.co.uk)

Sekarang mantan Presiden Barack Obama tentu bisa tidur nyenyak setelah tak menjabat sebagai pemimpin negara adidaya tersebut. Disamping sudah bebas tugas, Obama juga mendapat uang pensiun yang sangat besar.

Walaupun Obama sendiri mengaku belum menerimanya, namun Amerika Serikat yang sudah dipimpinnya telah mengatur pemberian uang pensiun bagi mantan presiden dan wakilnya.

Laman Time melaporkan, ada beberapa keuntungan yang diperoleh Obama setelah meninggalkan kantor kepresidenan yang biasa ditempatinya semasa menjabat. Di antaranya Obama mendapat uang pensiun, ruang kantor, staf, bantuan dana plesir, dan beberapa kenikmatan lain demi menjaga martabat nama Presiden Amerika.

Statuta Amerika menyebutkan, uang pensiun Obama sebesar US$ 205.700 atau sekitar Rp 2,76 miliar per tahun. Angka tersebut sama dengan yang diterima mantan Presiden George W. Bush, Bill Clinton, George H.W. Bush, dan Jimmy Carter.

Walaupun uang pensiun sama, untuk dana kebutuhan lain berbeda karena berkaitan dengan biaya sewa ruang kantor. Contohnya, Jimmy Carter menerima US$ 430 ribu atau setara dengan Rp 5,8 miliar, yang ditetapkan berdasarkan anggaran tahun fiskal 2015. Sedangkan George W. Bush memperoleh dana US$ 1.098.000 (Rp 14,7 miliar)

Sedangkan untuk sewa kantor per tahun, Bush mendapatkan US$ 434 ribu (Rp 5,8 miliar) dan Carter menerima US$ 112 ribu (Rp 1,5 miliar).

Disamping memperoleh bantuan dana sewa kantor, para mantan Presiden Amerika dan keluarganya mendapatkan uang untuk membayar pengawalan pribadi. Pemerintah Amerika menyiapkan dana US$ 9,5 juta atau setara dengan Rp 12,7 miliar.

Amerika Serikat juga menganggarkan uang pensiun untuk wakil presiden dan anggota Senat. Mantan Wakil Presiden Joe Biden misalnya, sebagaimana disebutkan dalam Civil Service Retirement System, menerima dana pensiun US$ 248.670 per tahun atau setara dengan Rp 3,3 miliar. Sedangkan mantan wakil presiden tidak mendapatkan dana pengawalan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *