Begini Contoh Menu Makanan Berserat Tinggi untuk Diet

By | September 9, 2016

Contoh menu diet berserat tinggi | Diet bukan berarti tidak makan makanan sehat, beraneka makanan yang mengandung serat tinggi, mulai dari sayur, buah, biji-bijian dapat masuk kedalam daftar menu diet.

Sebagian dari kita mungkin sudah merasa mengonsumsi makanan berserat tinggi, namun belum mengetahui apa saja sebenarnya jenis makanan yang mengandung sering paling tinggi.

Melansir dari Eating Wall, Jumat (9/9) Apabila Anda sudah melakukan diet berserat tinggi, ada baiknya Anda juga mencoba kombinasi menu berikut ini yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan.

Green smoothie

Green Smothies (Image: dailyhealthpost.com)

Jadikan smoothie hijau buatan sendiri yang mengandung buah dan sayar sebagai pengganti jus hijau. Smoothie hijau dapat memberikan serat lebih dari 13 gram per porsinya.

Selain itu ganti juga granola dengan beberapa sendok makan biji chia sebagai pasangan yoghurt Anda. Biji chia ini dapat memberikan 10 gram serat, ini lebih banyak jika dibandingkan granola yang hanya mengandung satu gram serat. Chia sendiri merupakan biji-bijian kecil yang asalnya dari tanaman Salvia hispanica yang banyak tumbuh di Meksiko dan negara di Amerika Selatan.

Akhir-akhir ini biji chia juga sudah mulai masuk ke Indonesia dan bahkan menjadi makanan organik favorit bagi sebagian orang.

Apel juga ada baiknya diganti dengan rapsberi sebagai cemilan sehat Anda. Rasberi ini dapat memberikan delapan gram serat pada setiap cangkirnya. Sedangkan Apel hanya memberikan setengahnya saja.

Veggie chili yang dicampur kacang bisa dikonsumsi sebagai pengganti sup ayam. Setengah cangkir kacang tanah bisa memberikan enam hingga delapan gram serat yang tidak didapatkan dari ayam. Makanan tersebut juga merupakan sumber fitonutrien dan protein yang dibutuhkan tubuh.

Selanjutnya Anda bisa mengganti pasta dengan gandum yang utuh. Karena satu porsi gandum utuh bisa memberikan serat setara dengan tiga porsi pasta.

Quinoa bisa digunakan sebagai pengganti beras merah. Setengah cangkir beras merah hanya memberi satu gram serat, lebih rendah jika dibandingkan quinoa yang bisa memberikan tiga gram. Quinoa sendiri bisa Anda dapatkan dimana saja karena mencarinya tidak begitu sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *