Cara Meningkatkan Nafsu Makan Agar Badan Tidak Kurus

By | October 20, 2015

Berbagai macam cara meningkatkan nafsu makan dilakukan agar sehat dan memiliki badan yang bagus, karena terkadang kita tentu akan mengalami masa dimana malas sekali untuk makan, atau bisa dibilang kehilangan selera makan. Ada yang kehilangan selera makan dalam waktu singkat saja, ada yang lama dan akhirnya berakibat perubahan pada bentuk tubuh, jadi kurus misalnya.

Penting sekali untuk mengembalikan selera makan, apalagi jika hilangnya selera makan tersebut menyebabkan hal yang tidak baik untuk tubuh, dimana badan jadi lemas dan malas untuk bekerja.

Nah, agar kamu tidak malas lagi untuk makan, coba deh beberapa tips berikut ini, konsumsi makanan yang Pediaku.com tuliskan di tulisan kali ini yang bersumber dari laman A2Z Lifestyle, Rabu (20/10/15).

1. Bawang Putih

bawang putih

Bawang Putih (Image:thechart.blogs.cnn.com)

Memperbaiki atau meningkatkan nafsu makan bisa dengan menggunakan bawang putih karena bawang putih membantu Anda untuk mencerna makanan lebih cepat serta bisa merangsang sistem pencernaan yang akhirnya bisa memberishkan perut kamu dan nafsu makanpun bisa kembali normal. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih setiap hari, banyak cara untuk menyisipkan bawang putih jika Anda tidak sanggup memakannya secara langsung, misal dengan merebus bawang putih lalu campurkan dengan air lemon dan minum dua kali sehari.

2. Sayur Pare

Sayur pare dikenal sanga pahit, namun ternyata sayur ini bisa membuat enzim pencernaan yang ada di dalam tubuh jadi lebih baik dalam memproses makanan yang berlemak dan memastikan tidak ada akumulasi yang tidak penting. Caranya cukup mudah, hanya dengan membentuk kontrak kantung empedu Anda yang mendorong empedu menuju asus kecil dan kemudian membantu memecah lemak tersebut.

3. Buah asam

Rasa buah asam yang tajam terasa manis di mulut serta dapat juga digunakan untuk menyedapkan rasa makanan. Disamping itu, buah yang satu ini juga memiliki efek pencahar. Buah ini bisa diolah menjagi campuran pada olahan sayur ataupun minuman.

– Baca juga: 10 Minuman dan Makanan Penghilang Stres

4. Jahe

Jahe bisa membuat perut merasakan kenyamanan yang akhirnya bisa menimbulkan selera makan. Anda bisa mengolah jahe ini ke dalam campuran makanan ataupun minuman sebagai wedang. Hasilnya bisa dilihat dalam satu atau dua hari setelah mengkonsumsinya.

5. Ketumbar

Untuk mengatasi hilangnya nafsu makan bisa menggunakan ketumbar karena ketumbar bisa memastikan proses pencernaan dalam keadaan sehat. Ketumbar bisa menghentikan semua gas yang tidak diperlukan dan akan meningkatkan sekresi asam lambung dan itu bisa meningkatkan rasa lapar. Ketumbar bisa dikonsumsi dalam bentuk jus daun ketumbar maupun dengan cara mencampurkan ketumbar tersebut ke dalam menu atau olahan makanan. Konsumsi secara teratur akan lebih baik manfaatnya.

– Baca juga: 10 Makanan Untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

6. Cabe rawit

Cabe rawit yang rasanya sudah pasti pedas ini mampu menjadi stimulator yang cukup baik untuk menimbulkan selera makan. Jadi tidak heran jika seseorang akan tambah hingga dua piring kalau makan dengan sambal.

Itulah beberapa makanan yang bisa jadi pertimbangan untuk meningkatkan nafsu makan agar selalu berselera, jika yang tertulis diatas tidak kunjung membantu membangkitkan selera makan Anda yang loyo, maka ada baiknya Anda periksa ke dokter keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *