7 Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat | Alamiah

By | June 3, 2016

 

Cara mengobati tekanan darah tinggi secara alami tanpa obat | Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi masalah banyak orang, apalagi bagi mereka yang tidak bisa menjaga diri dengan pola hidup yang sehat semenjak remaja.

tekanan darah tinggi

Ilustrasi tekanan darah tinggi (Image: kompas.com)

Gaya hidup sangat berperan dalam penyembuhan penyakit yang satu ini. Salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan menjaga pola hidup sehat untuk mengontrol tekanan darah. Bukan hanya itu saja, hal tersebut juga bisa mengurangi ketergantungan pada obat-obatan yang sering kali dikonsumsi penderitanya.

Pada tulisan kali ini kita akan bahas beberapa cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan. Cukup cara alami saja.

Penasaran? berikut ini tipsnya.

1. Tidur 7 jam dalam sehari

Orang yang hanya tidur 5 jam atau kurang dari itu pada saat malam hari kemungkinan akan berada pada risiko yang lebih tinggi untuk terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika semakin lama dibiarkan, kekurangan tidur bisa menyakiti dan mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur hormon stress. Akibatnya terjadilah hipertensi.

Tidur yang baik setidaknya adalah 7 jam, bahkan para pakar menganjurkan untuk tidur 8 jam sehari jika Anda ingin hidup lebih lama, karena tidur bisa memperpanjang umur, jadi sebaiknya jangan disepelekan masalah tidur ini.

– Baca juga: 7 Manfaat Tidur 8 Jam Sehari Untuk Kesehatan dan Kebugaran

2. Kurangi garam

Garam dapat membuat tubuh Anda untuk menahan air. Apabila terlalu banyak mengonsumsi garam, maka air yang tersimpan pada tubuh Anda bisa meningkatkan tekanan darah. Apabila sebelumnya sudah memiliki riwayat darah tinggi, maka hal tersebut bisa semakin parah.

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, asupan garam yang tingi bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, garam juga membuat obat untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi tidak bisa bekerja dengan baik. Jadi, sebaiknya kurangi garam mulai sekarang.

3. Olahraga 2,5 jam per minggu

Bagi orang yang sudah dewasa, setidaknya harus melakukan kegiatan olah tubuh atau olehraga selama 150 menit atau sekitar 2,5 jam dalam satu minggu. Atau bisa juga dengan melakukan 75 menit seminggu melakukan kegiatan aerobik yang kuat. Atau agar tidak monoton, Anda bisa mengkombinasikan keduanya. Semua boleh-boleh saja, yang penting jumlahnya 2,5 dalam seminggu. Untuk itu Anda bisa lakukan setidaknya 30 menit dalam sehari.

Latihan fisik adalah terapi tanpa obat yang sangat baik untuk tubuh. Dampaknya akan sangat luar biasa. Olahraga bisa mengurangi tekanan darah tinggi, jantung akan menjadi lebih kuat dan sebagainya. Tapi yang harus diingat adalah, lakukan olahraga secara teratur.

4. Meditasi 10 menit setiap harinya

Stres merupakan salah satu sistem alami dari tubuh kita. Tubuh akan melepaskan hormon yang disebut dengan adrenalin yang dapat menyebabkan sistem pernafasan Anda menjadi lebih dipercepat dan denyut jantung serta tekanan darah akan ikut meningkat.

Berdasarkan penelitian terbaru, memiliki sikap positif terhadap kehidupan, menjaga pikiran agar selalu bebas dari stres, rasa cemas, dan mengikuti cara-cara anti stres serta meluangkan waktu untuk bersantai adalah hal yang sangat penting untuk membatasi tekanan darah tinggi.

Selain itu hipertensi juga bisa membantu Anda untuk tidur lebih baik dan berkualitas. Jadi luangkan waktu untuk meditasi setidaknya 10 menit dalam sehari.

5. Makan buah dan sayur

Mengonsumsi buah – buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak sudah dibuktikan dalam penelitian dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah. Terutama pada penderita hipertensi.

Buah serta sayuran penuh dengan vitamin, serat dan mineral yang bisa menjaga tubuh Anda dalam kondisi yang bagus. Apalagi ditambah dengan kandungan kalium dan juga rendah sodium yang dapat membantu untuk penyeimbang efek negatif dari garam yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan.

6. Diet

Orang yang mempunyai berat badan berlebih atau cenderung gemuk, berisiko memiliki peningkatan jaringan lemak yang dapat meningkatkan resistensi pembuluh darah dan pada akhirnya bisa meningkatkan tekanan darah.

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki kelebihan berat badan, setidaknya menurunkan sekitar 2 hingga 3 kg saja sudah bisa untuk mempengaruhi hipertensi atau tekanan darah berlebih. Tidak perlu untuk mengonsumsi terlalu banyak kalori, namun yang paling penting adalah menjaga keseimbangan makanan yang disantap dengan kegiatan harian.

7. Kurangi alkohol, kafein dan rokok

Ada baiknya Anda untuk mengurangi berbagai jenis alkohol, minuman yang mengandung kafein dan hentikan produk tembakau seperti rokok. Karena semuanya bisa meningkatkan tekanan darah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *