8 Cara Mengobati Keseleo atau Terkilir Agar Tidak Parah

By | December 14, 2016

Cara mengobati keseleo atau terkilir | Ketika kita melakukan gerakan yang salah atau terjatuh dengan posisi yang kurang stabil, orang terkadang suka terkilir atau keseleo. Kejadian tersebut sering kali terjadi pada kaki, namun ada juga yang mengalami terkilir pada bagian tangan atau jari.

Hal-hal yang menyebabkan keseleo biasanya salah posisi saat jatuh, tergelincir, melakukan olahraga terlalu keras atau bisa juga karena kecelakaan.

keseleo terkilir

(Image: trello.com)

Terkilir atau keseleo sering terjadi karena kurangnya peregangan otot serta pemanasan sebelum melakukan olahraga.

Beberapa tanda orang yang mengalami keseleo adalah timbul rasa sakit, memar, bengkak, sulit untuk bergerak atau menggunakan sendi-sendi tubuh, dan sebagainya.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengobati keseleo atau terkilir, berikut adalah beberapa diantaranya.

Balut

Jika bagian yang cedera adalah jari, maka balutlah jari tangan atau kaki dengan menyatukan ke jari yang sebelahnya.

Istirahat

Istirahatkan daerah yang terkilir atau keseleo tersebut, bagian tersebut biasanya akan tegang. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan arm sling untuk mengatasi cedera lengan atau gunakan tongkat kruk untuk membantu jika kesulitan berjalan.

Kompres

Lakukan kompres pada bagian yang keseleo atau mengalami bengkak dan memar tersebut menggunakan es selama 15-20 menit setiap jam. Namun jangan taruh es langsugn pada bagian kulit. Namun gunakan saja handuk tipis untuk melindungi.

Perban

Agar tidak terjadi pembengkakan lebih lanjut, balut bagian terkilir menggunakan perban yang elastis hingga bengkaknya hilang. Usahakan untuk tidak membungkus bagian tersebut dengan terlalu keras atau erat karena bisa menghalangi sirkulasi.

Apabila rasa nyeri meningkat maka kendurkan perban atau daerah bengkak menjadi mati rasa.

Ganjal

Usahakan untuk selalu menjaga area yang cedera tersebut diangkat atau diganjal untuk menghilangkan rasa sakit serta melancarkan aliran darah. Perlu untuk diingat, jangan memijat bagian yang bengkak karena hal tersebut bisa menyebabkan rasa nyeri.

Pijat perlahan

Pijat perlahan pada sekitar area yang mengalami bengkak atau cedera tersebut untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul dan lancarkan aliran darahnya. Namun perlu diingat untuk tidak memijat bagian yang bengkak tersebut karena hal itu jika dilakukan bisa menyebabkan rasa nyeri.

Kurangi aktivitas

Setidaknya untuk 2 hingga 3 hari setelah mengalami cedera, hindari atau kurangi berbagai hal yang memungkinkan pembengkakan dan cedera makin parah, seperti mandi atau berendam di air hangat, koyo atau minuman yang mengandung alkohol. Kurangi juga aktivitas yangb berat-berat.

Obat Tradisional

Berbagai bahan tradisional seperti rempah-rempah juga banyak yang mengandung khasiat untuk pereda rasa nyari. Seperti kunyit misalnya. Selain mempunyai sifat anti-inflamasi, kunyit bisa membantu untuk melemaskan otot-otot yang tegang, jaringan serta sendi serta bisa mengurangi pembengkakan.

Anda bisa campurkan 2 sdm bubuk kunyit, 1 sdm air jeruk nipis dan sedikit air hangat hingga kental, kemudian oleskan pada bagian yang cedera, lalu bungkus menggunakan perban dan biarkan selama 10 jam. Ulangi lagi 10 jam berikutnya dan lanjutkan perawatan tersebut hingga setidaknya seminggu.

Selain kunyit bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat alami keseleo. Karena bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi, bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit serta peradangan.

Caranya campurkan 1 sdm bawang putih tersebut yang telah diblender terlebih dahulu dan 2 sdm minyak kelapa hangat. Pijat secara perlahan pada daerah yang mengalami cedera, kemudian biarkan selama setengah jam. Lakukan cara ini secera berulang hingga 3 sampai 4 kali sehari selama beberapa hari, atau setidaknya hingga sembuh.

Kunsultasi ke dokter

Jika berbagai cara diatas tidak bisa mengobati keseleo yang Anda alami, maka segera berkonsultasi ke dokter, karena mungkin ada gejala patah tulang. Konsultasi ke dokter juga bisa Anda lakukan langsung sesaat setelah mengalami keseleo, karena bagaimanapun dokter memiliki kemampuan lebih tentang masalah penyakit, termasuk keseleo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *