Cara Menghilangkan Komedo Membandel Tanpa ke Salon

By | January 9, 2017

Cara menghilangkan komedo membandel di wajah | Salah satu malasah kulit wajah yang sering mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri seseorang adalah munculnya komedo pada area wajah tersebut. Hal ini dialami oleh semua orang, meskipun kadarnya berbeda pada masing-masing orang.

Perawatan facial yang dilakukan di salon kecantikan merupakan cara yang maksimal untuk menghilangkan komedo yang membandel di wajah.

komedo

Ilustasi membersihkan komedo (Image: zoyajeans.com)

Namun walaupun demikian, tidak semua orang bisa menahan rasa sakit yang terjadi pada saat proses pengeluaran bintik-bintik putih dan hitam yang melalui kulit hidung atau bagian wajah lainnya.

Untuk Anda yang kurang suka ke salon kecantikan maka bisa melakukan sendiri perawatan untuk menghilangkan komedo ini dirumah. Berikut adalah caranya.

Dibutuhkan bahan-bahan seperti baking soda, strip komedo dan air. Lalu buat racikan dari satu sendok baking soda yang sudah dicampur dengan beberapa tetes air, sehingga terbentuk pasta.

Terapkan ramuan tersebut pada bagian kulit hidung yang biasanya memiliki banyak komedo dengan menggunakan kapas. Kemudian diamkan sekitar 3 menit, lalu bilas hingga bersih.

Baca juga: Penyebab Komedo Hitam Muncul di Wajah Mulus Anda
Langkah selanjutnya adalah membahasai kembali kulit pada bagian hidung tersebut dengan ramuan baking soda, kemudian aplikasikan strip komedo.

Seperti dikutip dari Herworldplus pada Senin (09/01/2017), baking soda bisa menyerap kelebihan minyak yang menumpuk atau terkandung pada wajah, menghilangkan sel-sel kulit mati, membunuh berbagai bakteri, dan yang paling penting tentu menghilangkan komedo membandel yang ada di wajah Anda.

Tips agar wajah tidak berkomedo

Kurangi penggunaan makeup

makeup

Makeup (Image: playbuzz.com)

Mekeup yang digunakan secara berlebihan saat berdandan bisa menutup pori-pori. Apabila kamu sedang dalam masa pengobatan komedo, sebaiknya kurangi penggunaan make-up supaya pori-pori wajah bisa lebih bernafas. Selain itu jangan sampai lupa untuk membersihkan wajah setiap selesai menggunakan makeup, setiap pulang dari berpergian dengan makeup, pastikan makeup yang masih ada diwajah dibersihkan ketika Anda hendak tidur.

Konsumsi banyak air dan makakan sehat

Konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung banyak minyak bisa menjadi penyebab munculnya komedo karena penumpukan kotoran pada pori-pori kulit. Mengonsumsi makanan yang mengandung minyak juga bisa membuat wajah menjadi berminyak. Oleh karena itu sebaiknya perbanyak minum air putih serta makanan sehat supaya kondisi kulit tetap terjaga dengan baik.

Masker Clay

Masker clay atau sering disebut masker tanah liat adalah salah satu obat yang cukup manjur untuk memberantas komedo. Anda bisa mencoba treatment ini di salon-salon terdekat. Apabila Anda merasa komedo Anda sudah cukup parah, maka sebaiknya lakukan treatment ini paling tidak seminggu sekali. Cara ini selain dapat menghilangkan komedo, bisa juga berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih yang terdapat pada wajah.

Putih Telur

Anda mungkin sudah tidak asing dengan strip penghilang komedo karena sering meliha di berbagai swalayan. Namun, sebenarnya Anda bisa menggantikan strip yang sebenarnya bisa beresiko merusak kulitmu ini dengan bahan yang lebih alami yaitu putih telur. Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup pisahkan sesendok putih telur (ingat putihnya saja) dan kocok hingga berbusa. Ambil busanya lalu tempelkan pada kapas, kemudian tempelkan pada titik komedo yang ada di wajah hingga mengering. Terakhir angkat dan Anda bisa melihat berapa banyak komedo yang berhasil didapatkan.

Pencet dengan Hati-Hati

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo dengan cepat adalah dengan memencet kulit yang berkomedo tersebut hingga komedonya keluar. Namun jangan lupa untuk membersihkan tanganmu terlebih dulu sebelum melakukannya dan jangan lupa juga untuk bersihkan wajahmu setelahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *