15 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dan Tidak REPOT

By | December 24, 2016

Cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa dilakukan dirumah sanagat beragam. Kulit kering memang menjadi masalah yang sering dialami masyarakat saat terutama saat memasuki musim dingin.

Disamping itu ada juga yang mengalami kulit bersisik bahkan pecah-pecah. Mengoleskan pelembab merupakan salah satu cara untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi masalah tersebut.

perawatan kulit kering

Ilustrasi perawatan kulit kering (Image: livestrong.com)

Penyebab masalah kulit tersebut biasanya karena menurunnya kelembaban udara, tidak memakai produk yang sesuai atau tepat untuk kulit Anda, serta mengenakan pakaian yang terlalu tebal. Guna mencegah agat kulit tidak kering, Anda dapat melakukan lima langkah berikut ini.

Gunakan humidifier

Sistem pemanas biasanya akan membuat udara di rumah menjadi kering. Dengan menggunakan humidifier, terutama di kamar tidur, bisa menjaga kelembapan alami kulit Anda, kulit yang lembab tentu akan terlihat lebih bagus.

Gunakan face oil

Ketika musim panas, pelembap yang menggunakan bahan dasar dari minyak tidak bisa bekerja dengan baik pada kulit. Apabila dipakai saat musim dingin, bisa membuat kulit Anda menjadi terasa lebih lembut.

Kurangi kafein

Mengkonsumsi kopi terutama pada pagi hari bisa menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan Anda akan menjadi sering buang air kecil. Hal tersebut merupakan salah satu tanda Anda mengalami dehidrasi, karena hal tersebut tentu kulit menjadi kering. Agar tidak terjadi hal seperti itu, sebagai penggantinya Anda dapat mengkonsumsi teh hijau.

Banyak minum air

Mengosumsi secangkir kopi atau teh memang bisa meningkatkan semangat Anda pada pagi hari. Tapi…, untuk menjaga kelembapan kulit, perbanyaklah konsumsi air agar tubuh terhidrasi dengan baik. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambah irisan timun maupun lemon di dalamnya.

Kurangi waktu mandi

Mandi menggunakan air panas dapat mengikis kelembapan alami kulit. Sebaiknya gunakan air yang tidak panas dan batasi waktu mandi Anda, karena terlalu sering mandi juga dapat menyebabkan minyak alami di kulit hilang sehingga jadi kering. Setelah itu segera lembapkan kulit saat pori-pori dalam kondisi terbuka.

Gunakan pelembap setelah mandi

Menggunakan sabun pelembab saja sering kali tidak cukup. Apabila diperlukan maka gunakan pelembab setelah mandi. Menggunakan pelembab setelah mandi bisa membantu mengatasi kulit kering sepanjang hari, terutama ketika cuaca sering berubah-ubah.

Terdapat banyak pelembab kulit yang dijual di pasaran. Pelembab tersebut tentu saja memiliki keunggulan tersendiri. Namun apapun pilihannya, pastikan pelembab tersebut mengandung banyak nutrisi untuk kulit.

Keringkan badan dengan cara menepuk-nepuk

Banyak orang yang masih menggosok-gosok badannya dengan handuk setelah mandi. Namun, hendaknya kebiasaan itu ditinggalkan. Karena menggosok-gosok menggunakan handuk akan membuat kulit semakin kering. Apalagi jika Anda menggosoknya terlalu kencang.

Hindari panas berlebihan

Walaupun Anda menggunakan lotion pelembab yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari (sun block), namun sebaiknya hindari kulit terpapar panas yang berlebihan dalam waktu yang lama.

Paparan sinar ultraviolet secara langsung tidak terlalu baik bagi kulit. Bukan hanya menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik, namun juga dapat menimbulkan kanker kulit. Oleh karena itu usahakan setiap keluar rumah gunakan pelindung bagi kulit Anda seperti topi dan jaket.

Olahraga secara rutin

pria olahraga lari

Pria Olahraga via running.about.com

Anda mengalami kulit kering? mungkin Anda jarang olahraga, karena hampir 50% penderita kulit kering jarang melakukan olahraga dengan benar. Keringat yang keluar ketika Anda berolahraga sebenarnya cukup baik untuk melembabkan kulit secara alami, namun hal ini tidak banyak yang mengetahuinya.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup jogging, bersepeda santai, yoga, atau jalan sehat setiap pagi minimal 30 menit saja sudah cukup untuk membuat kulit serta tubuh menjadi lebih sehat. Untuk hasil lebih baik tentu dibarengi dengan hal-hal lain yang kita bahas pada tulisan ini.

Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Selain berbahaya untuk paru-paru, sebuah studi penelitian di Harvard University membuktikan asap rokok bisa mengambil kelembabab pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi kering, kusam bahkan pecah-pecah.

Selain berhenti merokok, sebaiknya hindari juga berdekatan dengan asap rokok, karena asap rokok bisa menghambat produksi kelenjar minyak di kulit.

Jalani pola hidup sehat

Pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, namun jika kurang kuat tekat untuk menjalaninya maka tentu akan berat. Salah satu cara menjalani hidup sehat adalah dengan memilih menu makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang mengalami kulit kering, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E, vitamin C, asam folat serta kolagen.

Sayur dan buah segar sangat direkomendasikan untuk menutrisi kulit dari dalam. Terdapat berbagai jenis buah yang cukup baik untuk melakukan hal ini, seperti jambu biji, buah jeruk, stroberi, buah naga, kiwi, alpukat dan sebagainya. Anda juga bisa mengonsumsi madu untuk tambahan.

# Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kulit wajah memiliki perbedaan sifat dibanding kulit pada bagian tubuh yang lain. Kulit wajah lebih sensitif, lembut dan gampang rusak.

Oleh karena itu, perawatan untuk kulit wajah juga berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kulit kering yang bisa dicoba

Mencegah kulit kering dengan madu alami

Madu terkenal sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk kulit. Madu bisa membuat kulit lembab secara alami. Madu juga memiliki kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan kekencangan kulit, sehingga bisa menghilangkan kerutan pada kulit juga.

madu honey

Madu (Image: instore.rs)

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan madu:

  1. Sediakan madu alami secukupnya, jangan lupa untuk memastikan madunya asli.
  2. Bersihkan terlebih dahulu area wajah menggunakan sabun khusus muka Anda.
  3. Oleskan madu yang sudah disiapkan secara merata keseluruh bagian wajah.
  4. Kemudian diamkan saja sampai meresap kurang lebih satu jam, bisa sambil berbaring santai.
  5. Lalu bilas wajah Anda menggunakan air dingin hingga bersih.
  6. Agar hasilnya lebih maksimal gunakan secara rutin sebelum tidur dan setelah mandi.

Mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun

Sejak zaman Mesir kuno orang sudah menggunakan minyak zaitun, biasanya digunakan oleh para putri kerajaan pada waktu itu, setelah diteliti lebih dalam ternyata minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan kulit, salah satunya agar kulit wajah tidak kering.

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan minyak zaitun:

  1. Pilihlah minyak zaitun yang berkualitas terbaik.
  2. Tuangkan secukupnya pada ujung jari Anda, lalu oleskan keseluruh bagian wajah.
  3. Lakukan pemijatan sebentar, kurang lebih 15 detik, lalu diamkan sampai kering.
  4. Apabila dirasa sudah meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.

Mengatasi kulit kering dengan lidah buaya

Banyak orang menganggap lidah buaya hanya untuk perawatan rambut saja. Dengan kandungan mineral alaminya yang cukup lengkap, lidah buaya ternyta juga bisa membantu mengatasi kulit kering dengan cepat.

Begini cara alami mengatasi kulit wajah kering dengan lidah buaya:

  1. Ambil lidah buaya yang masih segar (baru dipetik) secukupnya.
  2. Ambil gel yang ada didalam lidah buaya tersebut, kemudian oleskan keseluruh wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  3. Diamkan hingga kulit wajah terasa kaku dan kencang
  4. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Atasi kulit kering dengan masker pisang dan yoghurt

Apabila disekitarmu sulit menemukan ketiga bahan diatas, gunakan saja buah pisang yang bisa didapatkan dengan mudah dipasaran. Anda bisa menambahkan yoghurt namun bisa juga tidak, tapi jika ada kedua-duanya maka hasilnya akan lebih optimal. Karena kedua bahan ini diperkaya dengan serat alami yang bisa memicu produksi minyak pada permukaan kulit.

Cara mengatasi kulit wajah yang kering dengan pisang:

  1. Haluskan terlebih dahulu pisang secukupnya, kemudian campur dengan yoghurt hingga menjadi seperti adonan mirip pasta.
  2. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu, lalu oleskan masker pisang tadi secara merata keseluruh bagian wajah.
  3. Kemudian diamkan masker tersebut menempel di wajah kurang lebih 1 jam.
  4. Terakhir bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Perhatian!

Apabila Anda mengalami masalah kulit yang kering karena disebabkan oleh inflamasi atau peradangan, misalnya seperti terkena eksim atau dermatitis, maka disarankan untuk mengunjungi dokter kulit yang Anda percaya terlebih dahulu sebelum mencoba cara-cara diatas.

Semoga dengan mengikuti cara diatas kulit Anda akan terasa lebih lembab dibanding sebelumnya, karena kulit kering tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *