15 Cara Menarik Hati Mertua Agar Disayang

By | March 15, 2017

Cara agar disayang mertua | Untuk orang yang sudah menikah tentu akan sangat menegangkan ketika harus bertemu dengan sang mertua, apalagi bagi wanita. Bertemu mertua bisa cekcok kalau tidak bisa memahami mereka.

Banyak orang yang khawatir akan mendapatkan ibu mertua yang memiliki kriteria dan sifat yang menyebalkan. Apalagi jika harus hidup serumah dengannya.

Namun walaupun begitu, dia tetap ibu mertua Anda, mereka tetap orang tua dari pasangan yang kita sayanagi, yang telah membesarkannya hingga tumbuh besar dan akhirnya menikah dengan Anda.

Jadi mendekatkan diri dengan ibu mertua adalah sebuah keharusan, walaupun terkadang tidak mudah melakukan hal tersebut. Diperlukan trik khusus dan kesabaran tentunya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menarik hati ibu mertua agar dia bahagia dan senang kepada Anda.

1. Berkunjung secara rutin

berkunjung mertua

Ilustrasi berkunjung (Image: herworld.co.id)

Ibu mertua tentu akan suka jika Anda peduli dan perhatian kepadanya. Memberikan waktu yang terjadwal maupun spontan tentu akan membuatnya merasa diperhatikan. Lambat laun dia akan senang dan merasa dekat dengan Anda.

2. Menelepon atau mengirim pesan teks

Zaman teknologi seperti saat ini tidak ada kendala untuk melakukan komunikasi dengan mertua. Anda bisa menelepon atau berkirim pesan melalui sms, whatsapp, bbm atau lainnya. Anda bisa menceritakan kejadian kecil yang Anda alami bersama anaknya, dia tentu akan senang mendengarkan cerita tersebut.

3. Memberikan hadiah kecil

Ibu mertua tentu akan senang menerima hadiah, apalagi dari menantunya sendiri. Tidak perlu yang mahal, yang sederhana juga sudah cukup. Yang perlu diketahui adalah apa yang dia sukai, jika dia suka memasak Anda bisa membelikan peralatan memasak baru, jika dia suka berkebun, Anda bisa membawakan bibit atau pupuk terbaik. Atau hal kecil lainnya yang kira-kira akan dia sukai.

4. Mengirimkan kejutan spontan

Apabila Anda dan pasangan tinggal di kota yang berbeda dengan ibu mertua, maka pilihan untuk memberikan kejutan kecil seperti paket oleh-oleh atau foto keluarga tentu akan membuatnya merasa selalu diingat. Anda juga bisa membuat sebuah video bersama pasangan yang ditujukkan khusus untuknya.

5. Menjaga sikap

Walaupun terkadang mertua suka menjengkelkan, namun Anda tetap harus pandai dalam menjaga sikap. Coba untuk selalu menghindari menunjukkan kekesalan di hadapannya karena hal tersebut dapat menimbulkan masalah yang berkepanjangan. Apabila Anda sedang berdebat dengan ibu mertua, maka ada baiknya mengalah agar suasana tidak memburuk.

6. Bersikap baik dengan suami saat di depan ibunya

Anda harus bisa menunjukkan sikap melayani suami/pasangan di depan mertua. Walaupun sedang bertengkar dirumah, namun jangan sekalipun menunjukkan perseteruan dengan pasangan di depan ibunya. Cobalah untuk tetap bersikap manis dan membuktikan bahwa Anda adalah istri yang tepat untuk anaknya. Siapa tahu cara ini juga bisa mendamaikan pertengkaran Anda dan pasangan.

7. Lakukan pekerjaan rumah agar disayang

Ibu mertua tentu akan senang jika melihat istri dari anaknya pintar dalam melakukan pekerjaan rumah seperti memasak masakan kesukaan suami, membuat rumah selalu tampak bersih dan rapih, atau merawat anak dengan baik. Nah jangan lupa juga untuk mencoba memasak masakan kesukaannya.

8. Minta saran kepadanya

Orang tua selalu kaya akan pengalaman, pengalaman yang banyak tersebut tentu akan menyenangkan untuk dibagikan. Jadi saat sedang mengalami masalah, maka tidak ada salahnya untuk meminta saran kepada mertua Anda.

Cara tersebut akan membuat sang ibu merasa dibutuhkan. Dia pastinya akan senang hati untuk memberikan solusi terbaik bagi Anda. Selain itu cara ini juga akan membuat mertua semakin sayang dengan Anda.

9 Jangan hitungan-hitungan dengan uang dan tenaga anda.

Jangan suka pelit pada orang lain, apalagi pada mertua sendiri, sesekali belanja-lah keperluan keluarga mertua, jangan sampai kewajiban atau kerjaan anda diambil alih keluarga mertua seperti mencuci baju anda, suami dan anak anak juga termasuk piring atau mangkuk cucilah sendiri.

10. Banyaklah bercanda dengannya

mertua

Ilustrasi bersama mertua (Image: Vemale.com)

Usahakan untuk selalu bercanda mesra di depan mertua atau ipar pada saat santai, selain itu jangan membuat pertentangan, misalnya apabila mereka suka melihat sinetron kesukaanya biarkan saja walaupun sinetron itu bukan sesukaan anda atau bukan level anda.

11. Jangan terlihat pemalas

Jika anda tinggal dengan mertua jangan selalu menonton Tv atau asik dengan ponsel anda, sedangkan mereka sedang membersihkan rumah. Tak ada ruginya anda membantu mereka bekerja bersama. Jangan sampai Anda terlihat pemalas, ringankan tangan untuk membantunya.

12. Jaga Privasi

Jangan mengambil barang yang ada dirumah mertua seenaknya, hal ini sering terjadi pada pasangan yang tinggal berdekatan dengan orang tua. Selain itu jangan sembarangan masuk ke kamar atau ruang pribadi mertua, jaga selalu privasinya.

13. Jangan marahi suami didepan ibu mertua

Jika Anda melalukan hal ini tentu menimbulkan kemarahan mertua dan saudara iparnya, anda bahkan bisa dianggap memandang rendah keluarganya, sebisa mungkin tahan diri dan bersabarlah.

14. Pandai bergaul dengan saudara ipar

Jangan hanya dekat dan asyik dengan mertua saja. Namun coba berbuat baiklah dengan ipar yang lain. Karena ini penting supaya tidak berlaku cemburu dalam keluarga, lebih-lebih lagi antara ipar perempuan.

15. Berlibur besama

Jangan selalu bertemu dirumah, cobalah sekali-sekali untuk pergi berlibur bersama agar disayang mertua. Hal ini akan semakin mempererat hubungan Anda dengan mertua dan keluarga lainnya. Namun perhatikan kondisi kesehatan mertua, jika dia tidak sanggup jangan dipaksakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *