Cara Efektif Mencari Karyawan Secara Online

By | February 24, 2015

Cara Efektif Mencari Karyawan Secara Online – Mencari karyawan saat ini tidak lah sulit, ada banyak sekali orang yang membutuhkan pekerjaan. Bahkan didunia IT pun banyak sekali yang saat ini masih menunggu untuk lowongan pekerjaan yang tepat.

Untuk anda sebagai pencari karyawan, anda bisa mencarinya dengan gratis di dunia maya, secara online, baik di sosial media atau di facebook, khusus untuk facebook ada banyak medianya, bisa di timeline, fan page atau group.

Mencari Karyawan

Mencari Karyawan (Foto: getontrac.ca)

Berikut beberapa tips agar jumlah pelamar untuk pekerjaan yang Anda tawarkan lebih banyak, cara ini efektif untuk dilakukan di group:

  1. Jelaskan scope kerjaan dengan lengkap. Jangan ada yang tersembunyi.
  2. Jelaskan deadline kerjaan/lama kontrak dengan rinci.
  3. Sebutkan kisaran gaji. Anda bisa saja menyembunyikan gaji setelah menerima CV pegawai. Tapi, itu bukan cara yang efektif. Jika Anda tidak mau terbuka dari tahap perekrutan, mana mungkin developer remote yakin Anda akan membayar mereka?
  4. Izinkan tanya jawab di komen. Dengan berdiskusi di komen, Anda sedang menarik perhatian developer senior di grup ini. Bisa jadi diawal mereka tidak tertarik dengan lowongan dari Anda, tapi setelah membaca komen mereka jadi tertarik dan meng-apply.
  5. Pilih member yang aktif di grup. Member ini, besar kemungkinan telah di kenal di grup ini. Jika kerjanya jelek, Anda tinggal cerita disini. Dan dia akan di blacklist dari kerjaan. Bayangkan jika Anda memilih member yang tidak aktif di grup. Suatu saat kerjaannya tidak baik, Anda cerita disini tidak akan berefek. Dia cukup keluar dari grup dan mencari korban selanjutnya.
  6. Rekomendasi. Inilah salah satu tujuan dibentuknya grup ini. Di grup Anda dapat meminta rekomendasi developer dari member yang aktif atau admin.
  7. Infokan jika sudah memilih kandidat. Dengan menginfokan Anda tidak membuat developer lain berharap pada pekerjaan ini. Juga, akan memudahkan member yang lain menentukan developer yang sudah mendapat kerja remote, untuk direkomendasikan dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *