Cara Bedakan Batik Tulis Asli dan Tekstil China

By | June 19, 2015

Cara bedakan batik tulis asli dan palsu (printing/tekstil asal china) — Badan dunia UNESCO sudah menetapkan batik sebagai salah satu dari warisan budaya yang berasal dari Indonesia. Namun belakangan muncul pula produk tekstil yang berasal dari Cina yang memiliki motif seperti batik dan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dipasaran.

Doddy Soepardi yang juga Dewan Pembina Yayasan Batik menjelaskan cara membedakan kedua produk batik tersebut dengan menggunakan mata telanjang.

Menurut Doddy, cara nya dengan membalik kain bagian belakang dari baju atau bahan batik tersebut. Jika warnanya putih, maka berarti itu produk tekstil bermotif batik, seperti dikutip dari Republika.

bahan kain baju batik

Kain yang bagus untuk batik (Foto: kendimas.blogdetik.com)

Batik asli Indonesia memiliki tiga teknik pengaplikasian yaitu batik tulis, batik cap serta batik kombinasi diantara tulis dan cap, ujar Doddy.

Selain itu, pembuatannya pun jauh lebih lama dibanding produk tekstil yang banyak beredar, sehingga harga batik asli Indonesia harganya jauh diatas produk tekstil tersebut.

Kalau produk tekstil bermotif batik itu menggunakan teknik printing, yang mengakibatkan warnanya tidak tembus di kain. Oleh karena itu bagian belakangnya berwarna putih, dan itu bukan batik, ujar Doddy.

Baca juga: Jenis Kain Untuk Bahan Baju Batik

Jadi sekarang sudah bisa donk membedakan batik asli dan batik bajakan, batik bisa digunakan untuk berbagai jenis acara, semoga penggunanya semakin ramai bahkan semakin terkenal juga diluar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *