5 Cara agar tidak ngemil malam hari untuk menghindari gemuk

By | September 8, 2016

Cara agar tidak ngemil malam hari untuk menghindari gemuk | Sulit sekali untuk terhindar dari kebiasaan ngemil, terkadang sudah niat untuk tidak ngemil demi menjaga berat badan tetap langsing, tiba-tiba tanpa disadari tangan sudah mengambil cemilan dan memasukannya ke mulut dan kita baru sadar ketika perut sudah merasa kenyang.

Ngemil memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan malam hari, maka tidak heran kalau hal tersebut menjadi kebiaasaan.

ngemil

Ilustrasi ngemil (Image: womansday.com.au)

Perlu diketahui bahwa penelitian menyebutkan bahwa makan di malam hari dapat menyebabkan berat badan naik, hal ini karena tubuh akan menyimpan kalori lebih banyak.

Namun gimana kalau Anda tidak bisa tidur pada malam hari sehingga menjadi sulit untuk menahan diri agar tidak memakan sesuatu? Ternyata hal tersebut tidak perlu Anda risaukan, karena seperti dilansir purewow pada Rabu (7/9/2016) ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa terhindar dari ngemil di malam hari yang mengerikan tersebut.

1. Konsumsi banyak protein

Kita tidak akan merasa kenyang ketika ngemil pada malam hari, namun dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat membantu untuk mengganjal perut Anda yang kosong saat larut malam tersebut. Anda bisa mencoba makanan yang mengandung protein seperti edamame atau kacang garbonza.

2. Meminum teh herbal

Apabila Anda orang yang terbiasa ngemil setelah makan malam, maka sebaiknya ganti cemilan Anda tersebut dengan secangkir teh herbal. Karena meminum teh herbal yang hangat adalah salah satu cara yang sangat baik untuk bersantai sebelum tidur serta bisa menjaga pikiran untuk tidak melulu memikirkan makanan.

3. Coba jalan kaki

Saat terasa lapar, coba berjalan keluar selama beberapa menit sambil menghirup udara segar, Anda bisa juga sambil berolahraga. Hal ini akan membantu pencernaan, dan membantu Anda untuk bisa tidur lebih cepat.

4. Tidur yang cukup

Ketika seseorang kekurangan waktu tidur, maka tubuhnya terkadang akan merespon dengan munculnya rasa lapar. Kalau sudah lapar sangat sulit untuk tidak ngemil. Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang kurang tidurnya akan lebih sering merasa lapar pada malam hari dan hal tersebut bikin tambah gemuk.

5. Ngemil sehat saja

Tidak semua ngemil itu buruk dan bikin gemuk, ketika Anda lapar cobalah untuk mengonsumsi cemilan yang sehat. Ketika ingin sesuatu yang asin, coba untuk memakan popcorn. Jika ingin yang manis, makan saja buah-buahan. Selama Anda bisa memakan cemilan sehat pada malam hari, hal tersebut tidak akan merugikan tubuh Anda dan tidak membuat gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *