Dua Cara Agar Kaktus Cepat Berbunga

By | January 22, 2016

Cara agar kaktus bisa berbunga — Kaktus adalah pohon berduri yang bisa hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu asupan air, bahkan kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering seperti di gurun.

Kaktus memiliki akar yang cukup panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air di dalam tanah.

Jarang sekali kita melihat kaktus memiliki bunga, walaupun ada tentu butuh waktu cukup lama. Biasanya yang terlihat hanya batang dan durinya saja.

Namun ada lho cara agar kaktus bisa cepat berbunga, setidaknya ada dua cara atau metode agar kaktus bisa cepat berbunga.

Kaktus yang bisa berbunga biasanya yang usianya sudah 2-3 tahun dan dia harus tumbuh pada tempat yang ideal. Supaya bisa membungakan kaktus kita juga memerlukan suhu yang tepat, yaitu pada 33-35 celcius pada siang hari serta 22 celcius pada malam harinya.

pohon kaktus bunga

Kaktus

Semua jenis kaktus memerlukan cahaya matahari yang cukup, idelanya 12 jam / hari atau secara rutin 5 jam / hari. Sedangkan untuk penjemurannya dilakukan setiap hari.

Terdapat dua cara untuk bisa mempercepat kaktus berbunga, yaitu dengan penerapan metode stres air dan memecah dormansi.

Metode penerapan stres air

Jika Anda menggunakan metode penerapan stres air maka kaktus tidak akan mendapatkan pasokan air dalam kurun waktu tertentu. Kalau biasanya kaktus disiram seminggu 2 kali maka dengan cara ini cukup sekali saja. Namun kaktus harus ditempatkan atau disimpan pada tempat yang teduh. Disamping itu lakukan 2 minggu sekali untuk pemupukannya dengan menggunakan pupuk yang mengandung fosfos dan kalium berkadar tinggi. Atau bisa juga menggunakan pupuk yang mengandung vitabloom, dandasil merah dan hyponex.
Setiap kaktus dipupuk, jangan lupa disiram. Hasilnya akan bisa dilihat dalam satu bulan. Kuntum bunga kaktus akan mulai bertumbuhan. Awww…

Metode memecah dormansi

Cara lain untuk membuat kaktus cepat berbunga adalah dengan memecah dormansi atau sistem beda suhu dan kelembapan. Untuk melakukan ini, kaktus harus dalam keadaan sehat dan tumbuh secara pasif yang ditandai dengan mulai berkurangnya duri baru, contohnya pada kaktus gymnocalycium.

Cabut, dan mulai membersihkan tanah-tanah yang nempel di akarnya. Kemudian, potong akar itu dan sisakan 1-2 cm saja. Apabila ada akar yang kena sayatan dan berpotensi menimbulkan pembusukan, maka kamu bisa oleskan kaktus dengan dithane, vandozeb dan fungisida benlate. Lalu simpan pada tempat yang teduh selama 3-4 hari.

Jika sudah, balut kaktus dengan kain hitam atau koran. Lalu masukan kaktus kedalam kardus yang tertutup rapat agar tidak kemasukan cahaya. Lalu simpan kaktus di kulkas pada suhu sekitar 10-18 derajat celcius. Kemudian keluarkan dan cepat-cepat tanam pada tempat baru.

Untuk hasil yang maksimal, siram kaktus Anda secara rutin seminggu sekali.

Perlu diingat: ajngan pindahkan kaktus secara langsung pada tempat yang semula karana hal tersebut bisa membuat kaktus terbakar.

hasilnya bisa Anda lihat dalam 2-3 minggu, kaktus akan mengeluarkan kuncup bunga secara bersamaan. Waaawww…kaktus yang semula membosankan jadi terlihat agak indah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *