Cara Agar Berenang Tidak Merusak Rambut dan Kulit

By | June 3, 2015

Cara agar berenang tidak merusak rambut dan kulit – Berenang merupakan salah satu cara untuk melepaskan lelah atau bahkan digunakan untuk olahraga menjaga kebugaran, berenang juga banyak dimanfaatkan untuk “rekreasi”.

Namun apabila kurang hati-hati, air kolam renang tersebut bisa merusak rambut dan kulit. Hal ini karena air kolam renang biasanya mengandung klorin yang cukup tinggi, sehingga apabila seseorang terlalu sering berendam di kolam renang akan membuat kulit dan rambut menjadi kering.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi hal-hal negatif dari air kolam renang bagi rambut dan kulit Anda.

berenang

Berenang (Foto:telegraph.co.uk)

1. Pastikan anda berenang di kolam renang yang airnya higienis serta tidak terkontaminasi oleh inveksi virus dan jamur.

2. Hindari berenang jika kulit Anda kering dan bersisik. Selain itu penderita eksim pada kulitnya, psoriasis dan dermatitis juga sebaiknya tidak berenang, apabila tidak ingin konsisi kulitnya makin buruk.

3. Apabila Anda menderita infeksi apapun, baik itu bakteri, virus, jamur maka hindari berenang karena dua alasan penting. Pertama untuk mencegah penularan infeksi kepada orang lain, dua karena air klorin akan meningkatkan infeksi Anda.

4. Apabila Anda merasa atau melihat bahwa kulit Anda terlalu terjemur sinar matahari, sebaiknya buat ramuan khusus dengan susu mentah, kunyit dan tepung, lalu aplikasikan ke seluruh tubuh. Diamkanlah selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Hal ini bisa dijadikan ritual mingguan Anda dalam perawatan kulit. Cara tersebut efektif untuk mengatasi kulit kering maupun gosong karena terpapar sinar matahari.

5. Apabila rambut Anda terlihat kasar dan juga kering, sebaiknya oleskan minyak zaitun, dadih dan telur. Terapkanlah ramuan ini mulai dari akar hingga ujung rambut, lalu tutupi dengan topi mandi, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dicuci degnan sampo. Lakukan setiap minggu, tergantung seberapa sering Anda berenang, seperti dilansir Timesofindia.

2 thoughts on “Cara Agar Berenang Tidak Merusak Rambut dan Kulit

  1. Pingback: Rambut Sehat dan Berkilau Jika Tidak Pakai Sampo – Pediaku.com

  2. Pingback: 10 Tips Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami dan Cepat — Pediaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *