Bali Tempat Populasi Anjing Terbesar di Dunia

By | December 27, 2016

Salah satu provinsi di Indonesia yaitu Bali disebut sebagai tempat populasi anjing terbesar di dunia. Setidaknya terdapat sekitar 500 ribu ekor anjing di sana.

“Kenapa populasi anjing di Bali terbesar dunia, karena kalau dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah, dengan jumlah anjing yang ada saat ini, Bali sudah over populasi anjing,” kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Bali Gede Wira Sunetra, Selasa (27/12).

anjing

Anjing (Image: balineup.com)

Dengan jumlah populasi sebanyak itu, Bali jadinya rentan terhadap penyakit rabies. Menurut Gede, dalam sehari saja rata-rata ada 100 kasus gigitan anjing, sehingga jika dikalkulasi pertahun rata-rata terdapat sekitar 36 ribu kasus gigitan anjing di provisi yang dikenal dengan julukan Pulau Dewata tersebut.

“Sebenarnya anjing itu punya pemilik tetapi 85% sengaja diliarkan, dibiarkan begitu saja, tidak terawat dengan baik, sehingga mudah tertular virus rabies,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut sisanya sebanyak 5% populasi anjing yang benar-benar liar namun sudah ditangani dengan baik dengan melakukan eliminasi. Sehingga sisa terdapat 10% anjing di Bali dari total populasi yang terpelihara dengan baik oleh sang pemiliknya, dimana anjing tersebut diberi makan yang baik secara teratur, dirawat dan sebagainya.

Berdasarkan catatan Diskes Bali, selain penyakit rabies, terdapat tiga penyakit lain yang tidak pernah hilang atau minimal berkurang di Bali. Penyakit tersebut yakni TBC, HIV/AIDS dan demam berdarah.

“Saya tidak paham kenapa keempat penyakit itu selalu tinggi di Bali. Kásusnya selalu di atas rata-rata nasional. Padahal sudah ada berbagai program dilakukan tetapi tetap saja tinggi,” tambahnya, seperti Pediaku kutip dari laman Media Indonesia, Selasa (27/12).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *