8 Rahasia Kesehatan Dari Seluruh Dunia

By | April 21, 2015

Rahasia kesehatan dari seluruh dunia – Hidup sehat adalah kunci dalam mencapai kehidupan yang bahagia, tubuh yang dijaga agar selalu sehat tentu lebih menguntungkan dibanding dengan orang yang tidak memikirkan kesehatan tubuhnya dengan makan sembarangan, tidak pernah olahraga, dan pola tidur yang kurang baik.

Hidup sehat memang menjadi tujuan setiap manusia dan uniknya setiap peradaban memiliki cara yang tidak sama.

Seperti di kutip dari Pop Sugar dan inilah.com, ada 8 cara sehat yang dikembangkan setiap peradaban selama ribuan tahun, ada yang meditasi sampai tidur siang.

1. India : Meditasi

Anda tentu pernah mendengar maupun membaca bahwa kegiatan meditasi dapat menurunkan tingkat stres serta dapat menjaga kesehatan mental. Namun selain itu, masih ada banyak lagi manfaat kesehatan yang didapat dari meditasi yang asalnya dari negara India ini.

Studi menunjukkan bahwa meditasi bisa meningkatkan kesehatan sel dalam tubuh serta mengurangi tekanan darah, membantu meningkatkan metabolisme, pernafasan, denyut jantung, hingga gelombang otak.

Baca juga: 4 Sayuran Paling Bermanfaat Untuk Tubuh

2. Tiongkok – Akupuntur

Akupuntur yang berasala dari negeri tirai bambu China telah di praktekan selama seribu tahun. Dari hasil berbagai penelitian ditemukan bahwa peknik kesehatan dengan jarum ini telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tingga, bisa untuk menurunkan berat badan, mempercepat produksi neurotransmitter yang berkaitan dengan relaksasi dan juga meningkatkan kualitas tidur.

3. Yunani – Diet Mediterania

Diet mediterania yang cukup populer ini adalah diet yang berfokus pada konsumsi buah-buahan segar serta sayuran, biji-bijian, ikan dan unggas, serta lemak sehat seperti minyak zaitun.

Selain dapat menurunkan berat badan, kebiasaan makan dari masyarakat Yunani ini juga dapat membantu turunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit komplikasi.

– Baca juga: 8 Cara Membuat Mata Tampak Lebih Muda dan Segar

4. Swiss – Muesli

Muesli ditemukan oleh seorang dokter di negara Swiss pada lebih dari seratus tahun yang lalu di sebuah rumah sakit. Muesli adalah menu makanan sehat favorit masyarakat setempat yang juga merupakan kombinasi dari sereal yang digulung dengan biji-bijian, sayuran, serta buah kering.

muesli

Muesli (Foto: taste.com.au)

5. Mesir – Terapi Bekam

Salah satu bentuk pengobatan alternatif yang terdapat di Mesir, Tiongkok, dan negara-negara Timur Tengah adalah terapi bekam. Terapi ini merupakan proses untuk memobilisasi aliran darah dan mempercepat penyembuhan dengan cara penghisapan.

Menurut kepercayaan masyarakat, bekam dapat mengobati masalah kulit, tekanan darah tinggi, dan gangguan darah seperti anemia. Kini, bekam menjadi pengobatan alternatif yang terkenal di banyak negara, termasuk Indonesia.

6. Amerika Selatan – Mate Tea

Mate tea atau teh mate dibuat dengan seduhan daun dan batang tanaman asal Amerika Selatan, yaitu yerba mate. Tanaman ini resmi dideklarasikan sebagai “National Infusion” di Argentina. Kaya akan antioksidan, teh ini baik untuk meningkatkan metabolisme, menjaga sistem pencernaan, dan mendukung kesehatan jantung.

7. Rusia – Banya (Sauna)

Banya atau sauna, adalah teknik relaksasi dan penurunan berat badan yang sangat terkenal. Sauna dipercaya dapat membakar hingga 300 kalori yang akan terbuang dengan keringat yang keluar dari tubuh. Selain itu, sauna juga dapat memperbaiki kecantikan kulit, meningkatkan sirkulasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi penyakit pernapasan, dan menyeimbangkan pikiran dan emosi.

-Baca juga: Makan Nasi Tidak Bikin Gemuk, Asalkan…

8. Jepang – Tidur Siang

Di Jepang, tidur siang merupakan budaya dan bagian dari gaya hidup sehat. Banyak perusahaan juga sekolah-sekolah di Jepang yang memberikan waktu khusus bagi para pekerja dan pelajarnya untuk tidur siang disela-sela aktivitas mereka. Tidur siang dipercaya mampu mengembalikan energi dan konsentrasi sehingga kualitas otak menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *